Singkirkan Amerika, Belanda Melaju Perempat Final

user
Ivan Aditya 04 Desember 2022, 03:33 WIB
untitled

Krjogja.com - QATAR - Timnas Belanda berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 usai menyingkirkan Timnas Amerika dengan skor 3-1, Sabtu (03/12/2022) malam. Bermain di Khalifa International Stadium, gol De Oranje diciptakan Memphis Depay, Daley Blind dan Denzel Dumfries. Sementara gol semata wayang Tim Paman Sam dilesakkan Haji Wright.

Dengan hasil ini Timnas Amerika Serikat terpaksa harus pulang. Berbeda dengan Belanda yang masuk ke babak berikutnya dan menunggu lawan dari hasil pertandingan Argentina vs Australia.

Amerika Serikat langsung menggebrak sejak babak pertama dimulai. Pada menit ketiga, Christian Pulisic mempunyai peluang untuk mencetak gol. Namun, sepakannya masih bisa digagalkan oleh kiper Andries Noppert

Belanda merespon dengan mencetak gol ke gawang Amerika Serikat pada menit ke-18. Memphis Depay mencatatkan namanya di papan skor setelah menyambar umpan silang mendatar dari Denzel Dumfries.

Tertinggal satu gol, Amerika Serikat mencoba membalas. Namun, percobaan yang dilakukan Timothy Weah dan Sergino Dest masih belum mampu mengubah kedudukan.

Belanda justru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-45+1. Denzel Dumfries mengirimkan umpan silang mendatar ke dalam kotak Amerika Serikat yang langsung disambar Daley Blind untuk menjadi gol.

Tidak ada gol tambahan setelah itu. Belanda asuhan Louis van Gaal menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Selepas jeda, Amerika Serikat langsung tancap gas. Namun, upaya yang dilakukan Weston McKennie, Sergino Dest, dan Christian Pulisic tidak bisa membuahkan gol.

Meski mendapat banyak tekanan, Belanda sempat berbalik mengancam melalui Memphis Depay di menit 61. Namun, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Matt Turner.

Belanda nyaris mencetak gol ketiga mereka melalui Memphis Depay di menit 71. Berawal dari tembakan Teun Koopmeiners yang ditepis oleh Matt Turner, bola muntah disundul Depay. Namun, Matt Turner berhasil mencegah bola masuk ke gawang.

Amerika Serikat akhirnya mampu memperkecil kedudukan di menit 76. Umpan silang Christian Pulisic disontek Haji Wright dan masuk ke gawang Belanda.

Setelah kebobolan, Belanda bisa membalas lima menit kemudian. Denzel Dumfries mencetak gol dengan tembakan kaki kiri memanfaatkan umpan silang dari Daley Blind.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Dengan hasil ini, Belanda berhak lolos ke babak selanjutnya. (*)

Kredit

Bagikan