Zimbabwe Ikut Berperan Sukseskan Piala Dunia 2022

user
Tomi Sujatmiko 09 Desember 2022, 22:12 WIB
untitled

Krjogja.com - QATAR - Zimbabwe bolah saja tak ikut menjadi peserta Piala Dunia 2022. Negara di benua Afrika itu belum pernah bisa merasakan main di putaran final Piala Dunia sama sekali. Namun Zimbabwe ternyata turut berperan dalam kesuksesan Qatar menggelar Piala Dunia 2022.

Ada pasangan ibu dan anak asal Zimbabwe yang memainkan peran penting dalam keberhasilan Qatar menggelar hajatan tersebar sepak bola sejagat ini. Mereka adalah Rufaro Makambira-Chindalo dan anaknya Kundai. Keduanya merupakan bagian dari 20.0000 tim volunteer yang bekerja keras di Qatar.

Rufaro bertugas membantu operasional Main Media Centre tempat para wartawan peliput Piala Dunia 2022 bekerja mewartakan ajang empat tahunan tersebut. Sedangkan Kundai bekerja di Stadion Khalifa Internasional. Dia bertugas mengatur dan membantu para penonton selama pertandingan.

Kebetulan Rufaro memang sudah menetap di Qatar. Sang ibu pindah ke Doha pada tahun 2019 lalu. Rufaro hijrah ke Qatar karena bekerja sebagai guru pendukung bagi anak-anak difabel di Sekolah Internasional Cardiff.

Sejak pindah ke Qatar, Rufaro memang sudah sering turun menjadi volunteer. Sebelum Piala Dunia 2022. Dia pernah bekerja sebagai volunteer pada ajang Piala Super CAF, Liga Champions Asia, Piala Amir dan Piala Arab.

“Kesukarelawanan telah meningkatkan kepercayaan diri saya dan membantu saya menjadi nyaman mendekati orang dan memulai percakapan. Membenamkan diri dalam kerelawanan juga membantu saya untuk memahami dan menghargai budaya lokal di Qatar. Saya terkesan dengan betapa ramah dan bersahabatnya semua orang,” kata Rufaro seperti dinukil dari situs resmi FIFA.

Kredit

Bagikan