Bola Al Rihla Tak Bakal Digunakan di Semifinal dan Final Piala Dunia 2022

user
Danar W 12 Desember 2022, 07:10 WIB
untitled

Krjogja.com - DOHA - Pertandingan semifinal dan final Piala Dunia 2022 bakal berbeda dibandingkan laga fase grup, 16 besar dan perempat final. FIFA memastikan akan menggunakan bola baru mulai semifinal besok.

Sejak Piala Dunia 2022 dimulai pada 20 November 2022, bola yang dipakai adalah Al Rihla. Namun mulai semifinal, Al Rihla akan pensiun dini dan digantikan oleh Al Hilm yang jika diterjemahkan memiliki arti mimpi.

Bola Al Hilm baru diperkenalkan secara resmi oleh sponsor apparel Piala Dunia 2022, Adidas, pada Minggu 11 Desember 2022.

Sama seperti Al Rihla, Al Hilm juga akan memakai teknologi terkini "Connected Ball". Teknologi ini yang telah terbukti sangat berharga dalam membantu ofisial pertandingan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat selama Piala Dunia ini.

Teknologi pada bola resmi Piala Dunia 2022 ini telah membantu mengesahkan gol Jepang ke gawang Spanyol di fase grup. Serta mendeteksi bila gol Portugal ke gawang Uruguay bukan dicetak oleh Cristiano Ronaldo.

Pada intinya, bola yang dipakai di Piala Dunia 2022 menampilkan Adidas Suspension System yang berisi sensor gerak yang melacak setiap sentuhan permainan dari pemain dengan kecepatan 500 kali per detik.

Sensor gerak di dalam bola akan mengumpulkan data pergerakan bola yang sangat akurat, yang kemudian akan dikirimkan ke Video Match Officials dalam hitungan detik sepanjang pertandingan berlangsung.

Data ini kemudian digunakan oleh Video Assistant Referees (VAR) untuk informasi cepat guna membantu mengoptimalkan pengambilan keputusan wasit.

Perbedaan mencolok Al Hilm dan Al Rihla hanya pada warnanya. Al Hilm memiliki warna dasar emas. Desainnya mengambil insipirasi dari padang pasir berkilauan yang mengelilingi kota Doha, warna piala Piala Dunia dan pola bendera Qatar.

“Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia. Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia, dipersatukan oleh hasrat mereka terhadap permainan ini," kata Nick Craggs, Manajer Umum bagian Sepak Bola Adidas seperti dilansir situs resmi FIFA.

Para pemain Argentina dan Kroasia yang bakal merasakan kesempatan pertama menendang Al Hilm saat berjumpa di semifinal Piala Dunia 2022 pada Kamis (14/12/2022) dini hari WIB. Semifinal kedua baru dimainkan sehari kemudian antara Prancis melawan Maroko.(*)

Kredit

Bagikan