Jangan Lupa, Malam Ini 'Perang Bintang' di Puncak Perhelatan, Prancis Vs Argentina

user
Primaswolo Sudjono 18 Desember 2022, 07:40 WIB
untitled

Krjogja.com - LUSAIL - Puncak perhelatan Piala Dunia 2022 menyuguhkan 'Perang Bintang'. Final ideal. Argentina versus Prancis di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12), pukul 22.00 WIB. Karena itu, pertandingan puncak yang akan disiarkan langsung SCTV, Minggu (18/12/2022) malam ini jangan sampai dilewatkan untuk menontonnya. Apalagi Kedua tim sedang dalam performa terbaik dan siap menorehkan sejarah.

Argentina dan Prancis sama-sama telah dua kali membungkus titel juara major event empat tahunan ini. La Albiceleste menjadi juara Piala Dunia 1978 dan 1986. Sedang Les Bleus kampiun pada edisi 1998 dan 2018. Sebagai juara bertahan, tim besutan Didier Deschamps bertekad melakukan back to back, mengulang prestasi yang pernah dibuat Brasil (1958 dan 1962).

Selama berkiprah di Piala Dunia 2022, Argentina dan Prancis termasuk yang paling produktif. 'Tim Tango' mengemas 12 gol, termasuk saat melibas Kroasia dengan tiga gol tanpa balas di semifinal. Skuad 'Ayam Jantan' lebih tajam, membukukan 13 gol, include kemenangan 2-0 atas Maroko pada laga terakhir.
Laga final ini juga menjadi arena pacuan bagi Lionel Messi (Argentina) dan Kylian Mbappe (Prancis) untuk memenangkan titel topskor. Kedua bomber yang juga rekan satu klub di Paris Saint-Germain itu kini sama-sama mengoleksi lima gol.

Menurut catatan Sporting News, terhitung sejak 1930, Argentina dan Brasil telah bertanding 12 kali. Rinciannya, tiga kali di Piala Dunia, yakni sekali pada fase grup dan dua kali di 16 besar. Hasilnya, Albiceleste menang dua kali dan Les Bleus menang sekali. Sedang dalam sembilan friendly match, Prancis menang tiga kali, kalah enam kali, serta tiga laga lainnya berkesudahan seri.

Abaikan statistik. Sebab, perimbangan kekuatan kedua kubu kini benar-benar tampak setara. Sama bertabur pemain bintang, dan semua dalam kondisi on fire. Di lini serang. Prancis punya 'duet maut' Mbappe dan Olivier Giroud, sementara di kubu seberang ada Messi dan Julian Alvarez.

Messi yang tengah mengejar titel juara Piala Dunia pertamanya diyakini bakal mengerahkan segenap sumber daya yang dimiliki demi memenangi laga. Sebab di usianya yang sudah 35 tahun, ini disebut-sebut sebagai kesempatan terakhirnya. Di sisi lain, Mbappe juga terobsesi menapaktilasi prestasi Pele (Brasil), menjadi pemain yang mencatatkan back to back juara.

"Argentina, sekali lagi berada di final Piala Dunia. Sangat menyenangkan melihat semua ini. Kami menuju pertandingan terakhir yang kami inginkan," ucap Messi usai memenangi laga kontra Kroasia seperti dilansir laman AFA.

Kegembiraan La Pulga direspons Giroud. "Messi pemain hebat, tapi kami tidak akan membiarkannya menikmati malam terbaik," ujar bomber milik AC Milan itu dikutip Mirror. "Kami ingin menang. Kami ingin juara Piala Dunia lagi dan kami akan mencoba segalanya untuk menghentikan dia," tegasnya.

Dengan kualitas pemain yang relatif setara, tinggal bagaimana pelatih kedua tim meracik strategi. Pengalaman Deschamps yang pernah membawa Prancis juara Piala Dunia di Rusia, tentu banyak berguna dalam menghadapi laga-laga krusial. "Kualitas teknis dan bakat individu memang membuat perbedaan di lapangan, tetapi kekuatan kolektif adalah yang terpenting," katanya.

Sementara Lionel Scaloni yang ditunjuk menjadi pelatih 'Tim Tango' sejak 2018, mungkin tak memiliki curriculum vitae yang hebat. Namun pria 44 tahun tersebut telah membuktikan kapasitasnya dengan membawa Messi dan kawan-kawan menjuarai Copa America 2021.(Lis)

Perkiraan Susunan Pemain
ARGENTINA (4-3-3)
E Martinez, Acuna, Otamendi, Romero, Molina, Mac Allister, Fernandez, De Paul, Alvarez, Messi, Di Maria

PRANCIS (4-2-3-1)
Lloris, Hernandez, Upamecano, Varane, Kounde, Rabiot, Tchouameni, Mbappe, Griezmann, Dembele, Giroud

Kredit

Bagikan