1.371 Pesilat Ikuti Kejurnas di Solo

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Silat Perisai Diri Antar Pelajar ke V 2019 yang diikuti 1.371 pesilat, Rabu malam (18/12), dibuka gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di GOR Sritex Arena Solo. Wewey Wita pesilat Perusai Diri penyumbang emas pada Asian Games 2018 ikut hadir dan memberikan suntikan motivasi kepada peserta.

Sebelum membuka Ganjar meminta Wewey untuk berdiri dan diajak dialog terkait suksesnya. Saat itu juga ia diminta menularkan rahasia sukses sebagai atlet silat yang meraih medali emas Asian Games 2018. "Latihan, latihan, latihan, latihan, berdoa," kata Wewey.

Resep rahasia itu disambut penuh semangat para pesilat yang siap berlaga di Kejurnas. Kejurnas terbagi tiga kelompok yakni Sekokah Dasar diikuti 302 atlet yang berasal dari 117 sekolah, SMP 461 pesilat dari 137 sekolah dan SMA 608 peserta dari 136 sekolah. Ikut hadir pesilat dari Timor Leste.

Mereka siap memperebutkan piala bergilir Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Piala bergilir KGPAA Paku Alam IX dan X. Ganjar berpesan agar para peserta menunjukkan sportivitas selama kompetisi berlangsung. Ia menilai pencak silat tidak hanya soal budaya tetapi prestasi dan perdamaian.

Sementara Muhammad Taufik dari PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) menyatakan selamat atas kegigihan Perisai Diri dalam mengembangkan bela diri menyusul di beberapa negara seperti Jepang, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa telah ada padepokan latihan. "Langkah mempromosikan silat ini membuka jalan untuk menjadikan cabor resmi Olimpiade. Apalagi beberapa hari lalu sudah ada pengakuan UNESCO,” katanya. (Qom)

BERITA REKOMENDASI