153 Atlet Silat Ikut Kejurnas IX Popsi BM di Sleman

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Guna mencari bibit-bibit unggul daerah sekaligus pembinaan anak usia dini dan pemuda lewat jalur olahraga pencak silat, Perguruan Pelopor Pencak Silat Indonesia (Popsi) Bhayu Manunggal (BM) mengelar Kejuaraan Nasional IX di Balai Besar Latihan Ketransmigrasian Yogyakarta, Jumat-Minggu (21-23/12/2018).

Ketua Panitia yang juga Ketua Pengda Popsi BM DIY Didin Hernomo mengatakan, kejurnas diikuti 153 atlet untuk tingkat SD dan Dewasa. Terdiri dari SD sebanyak 65 atlet dan 88 atlet untuk tingkat dewasa. Sedangkan kategorinya ialah Tanding dan Seni Tunggal.

"Sejak 1970, kami sering ikut PON di era 1970 sampai 1990-an. Hanya saja, saat guru besar meninggal tahun 2000 Popsi BM surut selama beberapa tahun. Namun 2003 kami bisa bangkit melalui pembinaan atlet hingga pemekaran seluruh Indonesia," terangnya disela pembukaan, Jumat (21/12/2018).

Dalam sambutannya, Ketua Harian Ikatan Pencak Sikat Indonesia (IPSI) Sleman Hadi Hargana menyampaikan, pada 2016 yang lalu ada atlet pencak silat DIY yang berhasil di PON Jawa Barat. Bahkan tahun ini ada salah satu atletnya yang berhasil meraih medali emas di kejuaraan pencak silat di Australia.

"Saya berpesan agar atlet-atlet muda ini mau berlatih, berlatih dan berlatih. Karena kuncinya hanya itu. Sebelum yang lain berlatih, anda sudah berlatih terlebih dahulu. Bahkan ketika yang lain berhenti berlatih, anda masih tetap berlatih. Sehingga harapannya kedepan bisa meraih juara di tingkat nasional hingga internasional," harapnya. (Adk)

BERITA REKOMENDASI