300 Jawara Silat Ikuti Pelatihan Pendekar

Editor: Ivan Aditya

SOLO (KRjogja.com) – Sekitar 300 pelatih silat dari berbagai propinsi di Indonesia siap mengikuti program pelatihan pendekar dan wasit juri Perisai Diri di Asrama Haji Donohudan Boyolali, 18-20 Nopember. Kegiatan tahunan ini menurut rencana dibuka pendekar Perisai Diri KGPAA Paku Alam X Yogyakarta, Jumat (18/11/2016) malam.

"Kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi para pendekar juga untuk refreshing sekaligus menyamakan persepsi teknik pelatihan. Buku pelatihan sudah ada, tapi kadang muncul persepsi yang berbeda dalam suatu gerakan," jelas Didik Ahmadi SH, Ketua II Bidang Teknik Pengurus Pusat Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) Perisai Diri, Kamis (17/11/2016).

Disebutkan kemajuan Perisai Diri di daerah sangat pesat. Sementara mereka ada kehausan untuk mencari pemahaman baik mrnyangkut teknik, filosofi  maupun idealisme. Untuk itulah Pengurus Pusat memberikan tuntunan dan bimbingan.

Dalam kesempatan itu sekaligus  diadakan evaluasi tentang pedoman teknik, kata Didik Ahmadi. Pengurus Pusat selain menggelar pelatihan bagi pendekar juga telah menyiapkan Kejuaran nasional tingkat pelajar yang akan digelat di Tabanan Bali. Selain itu juga mrnyelenggarakan ujian kenaikan tingkat bagi pelatih.

Pelatih yang akan mengikuti tidak saja dari Indonesia, tapi juga sejumlah negara yang lain. Agenda tahunan pelatihan pelatih di Donohudan semacam latihan bersama yang digelar selama tiga hari. (Qom)

BERITA REKOMENDASI