Angkat Besi Sumbang Emas Keenam untuk Indonesia di SEA Games 2019

MANILA, KRJOGJA.com – Lifter putra Indonesia, Eko Yuli Irawan, berhasil menambah raihan medali emas Indonesia di ajang SEA Games 2019. Eko menyumbangkan medali emas keenam bagi Tim Merah Putih setelah tampil gemilang di cabang olahraga (cabor) angkat besi nomor 61 kg putra.

Eko memastikan diri meraih medali emas setelah mencatatkan total angkatan 309 kg. Jumlah angkatan tersebut didapat dari snatch 140 kg dan clean & jerk 169 kg. Catatan tersebut sudah cukup bagi Eko untuk meraih medali emas di ajang dua tahunan tersebut.

Lifter berusia 30 tahun tersebut berhasil mengalahkan rival terberatnya asal Vietnam Thach Kim Tuan yang mengoleksi total angkatan 305 kg (snatch 135 kg + clean & jerk 169 kg). Alhasil Thach harus puas dengan raihan medali perak.

Medali perunggu menjadi milik lifter Malaysia, Muhammad Aznil bin Bidin. Ia mengoleksi total angkatan 283 kg (snatch 126 kg + clean & jerk 157 kg) untuk memastikan diri menempati urutan ketiga.

Keberhasilan Eko meraih medali emas sekaligus membalaskan kegagalan di SEA Games 2017 di Malaysia ketika harus puas meraih medali perak. Akan tetapi, ini menjadi emas kelimanya di ajang SEA Games yang terakhir didapat pada gelaran 2013 di Myanmar.

Dengan sumbangan emas dari Eko, maka Indonesia secara keseluruhan telah meraih enam medali emas di SEA Games 2019. Hasil tersebut langsung mengantarkan Indonesia melesat ke peringkat ketiga dalam klasemen sementara perolehan medali dengan koleksi enam emas, delapan perak, dan tujuh perunggu.

 

BERITA REKOMENDASI