AP I Dukung Aviators Fun Walk and Run 5K 2018

JAKARTA.KRJOGJA.com -Ikatan Pilot Indonesia (IPI) menggandeng para pemangku kepentingan mengkampanyekan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional bagi masyarakat umum pengguna transportasi udara. Kegiatan ini dikemas dalam aktivitas berolahraga melalui ‘Aviators Fun Walk and Run 5K 2018’. 

Kampanye keselamatan penerbangan tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 23 September 2018 di area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, yang sebelumnya merupakan venue pesta olahraga internasional Asian Games 2018.

"Aviator Fun Walk and Run 5K 2018 dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan insan penerbangan terhadap keselamatan penerbangan nasional, sekaligus mensosialisasikan peran dan tugas masing-masing pemangku kepentingan dunia penerbangan," kata Ketua Pelaksana ‘Aviator Fun Walk and Run 5K 2018 Capt. Koko Indra Perdana, di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Sejumlah pemangku kepentingan (stakeholder) dipastikan terlibat dalam kegiatan ini antara lain Kementerian Perhubungan, Badan Narkotika Nasional (BNN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), PT Angkasa Pura I (Persero) hingga Indonesia Air Traffic Controllers Association (IATCA).

Koko menjelaskan, dalam kegiatan Aviatior Fun Walk tersebut, para individu dari stakeholder dunia penerbangan akan langsung bertemu masyarakat dan menjadi kesempatan untuk mensosialisasikan tugas masing-masing. "Sebagai contoh para pilot dapat membagikan profesi pilot dalam menjamin keselamatan dan keamanan operasional penerbangan," ujarnya.

Selain edukasi keselamatan penerbangan, dalam kesempatan tersebut juga akan dilakukan kampanye bebas narkoba. "Kita bertekad dunia penerbangan harus benar-benar bebas dari narkoba," tegasnya.

Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura I, Adi Nugroho menambahkan, sebagai operator bandara pihaknya sangat mendukung kegiatan kampanye keselamatan penerbangan ini. "Aktivitas olahraga yang fun dan melibatkan masyarakat dari berbagai usia akan sangat efektif dalam mengkampanyekan keselamatan dan keamanan penerbangan," jelasnya.

Sebanyak 1.000 peserta yang didalamnya juga dari para pilot, dipastikan akan mengikuti Fun Run & Walk 5K itu. "Ini pertama kali dan akan terus dilaksanakan yang lebih intensif dan masif untuk lomba sekaligus edukasi dan kampanye keselamatan penerbangan ini,” tutur Adi.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan Badan Nasional Narkotika (BNN) Dunan Ismail Isja, menilai kegiatan yang digelar IPI merupakan langkah tepat untuk mengedukasi masyarakat perihal bahaya narkoba bagi masyarakat umum dan insan penerbangan khususnya. "Ancaman penyalahgunaan narkotika ada di depan mata dan seharusnya menjadi perhatian seluruh pihak,” tegasnya. (Imd).

BERITA REKOMENDASI