Asian Games, Wapres Minta Atlet RI Berprestasi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden Jusuf  Kalla   menegaskan  Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games, selain harus sukses dalam  penyenggaran juga sukses prestasi. Untuk itu dalam persiapan atlet  harus dilakukan dengan baik.

Hal tersebut diketakan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam rapat  Peningkatan Prestasi Asian Games di Kompleks Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta. Kamis (08/03/2018).

"Target yang dikemukakan kONI Pusat 10 besar, itu artinya harus meraih 16 medali emas. Kalau dibawah itu, kita akan melorot lagi,” kata Wapres JK.

Dijelaskannya perolehan medali dan peringkat menjadi hal yang paling penting diantara segala persiapan Asian Games. “ Sebab pada ujungnya nanti orang tidak akan mengingat acara pembukaan. Tapi yang selalu diingat kita peringkat berapa di Asian games. Itu akan melekat diingat orang,” katanya lagi.

Karenaitu, Wapres menegaskan  bukan  persoalan mudah bisa mewujudkannya. Sebab, banyak tantangan yang dihadapi oleh Indonesia. Terlebih dari segi prestasi. Persiapan teknis dan peralatan, hingga perkembangan kekuatan lawan, menjadi variabel-variabel yang menentukan kesuksesan prestasi Indonesia.

"Kesiapan cabang olahraga harus ditingkatkan, sebab pemerintah telah memberikan otonomi yang besar kepada setiap cabang olahraga dengan memberikan anggaran prestasi secara langsung.Penyaluran anggaran prestasi) tidak lagi lewat Menpora tapi langsung (kepada cabang olahraga), itu artinya memberikan kepercayaan dan juga kesempatan," ujar Wapres,

Dengan sistem pemberian anggaran prestasi yang langsung ini, diharapkan para atlet dan pelatih dapat melakukan latihan maupun try out secara baik. Wapres mengatakan, Kemenpora beserta KONI sudah bekerja keras untuk membuat sistem ini. Meskipun masih ada kekurangan, diharapkan tidak akan mengurangi semangat para atlet dan juga pengurus cabang olahraga. (Sim)

"Karena banyak cabang olahraga yang diketuai, dipimpin oleh ketua-ketua yang mempunyai kemampuan, mempunyai sinergi dengan banyak pihak tapi pemerintah tentu menyiapkan segala sarananya yang baik," kata JK.

Penyelenggaraan Asian Games 2018 tinggal menyisakan waktu sekitar 5 bulan 12 hari. Wapres menegaskan, ada tiga hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan Asian Games ini adalah ketersediaan infrastruktur, pelaksanaan, dan prestasi. (sim)

BERITA REKOMENDASI