Asian Para Games, Mensos Dorong Percepatan Penyiapan Fasilitas

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK) untuk melihat lokasi pertandingan dan fasilitasnya, memastikan kondisinya nyaman dan aman untuk atlet maupun penyandang disabilitas. 

“APG adalah momentum merayakan kesetaraan bagi penyandang disabilitas. Di venue tampak sudah disiapkan tambahan-tambahan fasilitas untuk mereka. Di antaranya ramp, toilet portable disabilitas, tribun penonton disabilitas,” katanya usai mengunjungi venue Panahan di Komplek Stadion GBK, Jumat (28/9/2018)

Mensos pertama kali mengunjungi _guiding block_ atau jalur pemandu yang berada tak jauh dari Pintu 6 GBK. Ia mengajak seorang penyandang disabilitas untuk berjalan bersama menyusuri jalur pemandu hingga masuk ke area stadion. Sesekali ia membantu mengarahkan dan memberi panduan.

Selanjutnya Menteri mengunjungi Istora yang merupakan venue badminton. Bersama Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari, Menteri Agus melihat ruang ganti atlet, toilet untuk penyandang disabilitas, dan melihat persiapan pemasangan area penonton penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Bersama para penyandang disabilitas, Mensos menelusuri setiap sudut Istora dan menampung masukan-masukan atau hal-hal perlu ditambah dan disempurnakan menjelang pertandingan olahraga terbesar kedua di dunia setelah Paralympic ini. 

“Di sini juga ada Ketua Umum INAPGOC, dimana masukan-masukan dari teman-teman penyandang disabilitas baik disabilitas netra, disabilitas daksa, disabilitas rungu wicara, akan menjadi masukan bagi INAPGOC untuk penyempuraan venue dan fasilitas,” katanya. 

Usai meninjau venue badminton, Mensos bergeser ke venue Panahan. Tiba di lokasi, ia meninjau ramp yang menghubungkan lantai dasar ke area tribun dilanjutkan memeriksa kelengkapan fasilitas di dalam toilet untuk penonton disabilitas. 

“Toilet untuk penyandang disabilitas disediakan dengan menyesuaikan kapasitas penonton, jadi setiap venue tidak sama jumlahnya,” katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, Mensos juga mengingatkan Ketua Umum INAPGOC untuk menempatkan _helper_ dan volunter di setiap titik lokasi pertandingan, toilet untuk disabilitas, maupun di area GBK. 

“Juga fasilitas ambulans dan tim medis di setiap venue dan kawasan GBK harus disiagakan,” katanya. 

Kunjungan Mensos ke GBK diakhiri dengan meluncurkan Aplikasi Tiket Undangan Asian Para Games 2018 untuk Penyandang Disabilitas. Tiket dapat di cek melalui alamat paragames.kemsos.go.id untuk mendapatkan  tiket pembukaan dan pertandingan. 

Pendaftar harus mengisi form online yang terkait data nama organisasi, lembaga, organisasi sosial, yayasan, dan perkumpulan penyandang disabilitas. Juga scan KTP dan surat pengajuan. 

“Jadi setiap penyandang disabilitas berhak mendapatkan tiket menyaksikan pertandingan maupun pembukaan. Namun harus mendaftar melalui organisasi atau perkumpulan penyandang disabilitas untuk dikoordinir pelaksanaannya,” katanya.  

Bagi yang sudah mengajukan permohonan akan diberikan kuota untuk penyandang disabilitas dan pendamping sesuai tiket yang tersedia. Permohonan Tiket Pembukaan Asian Para Games 2018 terakhir sampai tanggal 2 Oktober 2018 dan informasi pengambilan tiket akan disampaikan dalam e-mail kepada setiap organisasi yang telah mendaftar.(Sim) 

BERITA REKOMENDASI