Ayyub Anshori Rebut Emas Pertama

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Taekwondoin M Ayyub Anshori asal dojang Patriot MTC Yogyakarta berhasil meraih medali emas pertama dalam kejuaraan taekwondo Walikota Cup VII-2019. Kejuaraan yang dibuka Kabid Binpres KONI Kota Yogyakarta, Cukup Pahala Widi MOr tersebut dilangsungkan di GOR Among Raga Yogya, Sabtu-Minggu (28-29/12/2019).

Ayyub Anshori yang turun di kelas prestasi senior +54 kg, merebut medali emas usai di final mengalahkan Bayu Edi Setiawan dari Kendal. Medali perunggu diraih bersama dua taekwondoin yang terhenti di semifinal, Emanuel Nubertus (Instiper) dan Y Dwi FN (UMM Malang).

Sedangkan di kelas -58 kg, medali emas disabet taekwondoin Langit Trihanggito (UMY), medali perak juga direbut atlet taekwondo (UMY) Ahmad Faiq Mahfuzh. Untuk medali perunggu diraih Rahman Saleh W (UIN Suka) dan Ikhfal Fauzia R (Teluk T Team).

Hadir pada acara pembukaan di antaranya Sekum KONI DIY Drs Agung Nugroho AM MSi, Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) Rahmi Kurnia, perwakilan KONI Kota Yogya, Perwakilan Dispora Kota Yogyakarta, Pengurus TI Kota Yogyakarta dan lain-lain. Cukup Pahala mengatakan, kejuaraan taekwondo Walikota Yogya yang tahun ini sudah memasuki tahun ke-7, diharapkan dapat memberi wadah berkompetisi bagi atlet taekwondo secara rutin.

"Dari event ini diharapkan muncul atlet-atlet nasional. Kejuaraan ini juga bisa dijadikan tolok ukur perkembangan atlet yang selama ini berlatih di dojang masing-masing," ujarnya.

Sementara ketua pelaksana Wesley Tahuntu mengemukakan, peserta Walikota Cup VII berjumlah 1.115 taekwondoin dari dojang/klub taekwondo di DIY, Jateng, Jatim dan Kalimantarn Timur. Mempertandingkan kelas prestasi dan kelas festival.

Kelas prestasi terdiri dari prakadet, kadet, junior dan senior putra-putri. "Panitia juga memilih atlet terbaik pada masing-masing kategori," kata Wesley.

Ditambahkan, pada kejuaraan tahun 2020 mendatang, akan dinaikan statusnya menjadi tingkat nasional. "Tidak lagi sebatas tingkat DIY/Jateng plus Jatim dan Kaltim," pungkasnya. (Rar)

BERITA REKOMENDASI