Babel Sambut Torch Relay Asian Para Games 2018

BANGKA BELITUNG, KRJOGJA.com – Provinsi Bangka Belitung memanfaatkan Torch Relay Asian Para Games 2018 untuk memperkenalkan ikon pariwisatanya, Jembatan Emas. Di tempat ini, obor Asian Para Games diserahkan INAPGOC ke Gubernur Bangka Belitung, Rabu (26/9). 

Buat warga Babel, Jembatan Emas adalah kebanggaan. Lokasinya berada di Sungai Pangkal Balam. Fungsi utamanya untuk menghubungkan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka.

Jembatan ini terlihat sangat eksotis di malam hari. Karena, bermandikan cahaya lampu. Jembatan Emas memiliki panjang 785 meter, dengan lebar 23 meter. Hebatnya, jembatan ini satu-satunya di Indonesia yang memakai teknologi bascule atau sistem buka tutup. Proses pengerjaannya memakai konsultan ahli dari Inggris, sehingga terlihat megah. Tak heran jika jembatan ini layaknya London Bridge yang sangat legendaris di Inggris. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik pemilihan destinasi wisata untuk menyambut Torch Relay Asian Para Games 2018.

“Jembatan Emas telah menjelma menjadi ikon pariwisata baru di Bangka Belitung. Oleh karena itu, pemilihan Jembatan Emas untuk menyambut torch relay sangat tepat,” tutur Menteri yang membuat Kemenpar No 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryofTourism2018 se Asia Pacific di Bangkok.

Alasannya, Torch Relay Asian Para Games adalan momen disaat media datang meliput. “Dan kali ini media diberikan kemegahan Jembatan Emas ini promosi yang luar biasa. Dan Bangka Belitung bisa memanfaatkan itu,” paparnya.

Dari atas jembatan ini, keindahan Pantai Air Anyir, Pasir Padi yang terletak di Kota Pangkalpinang, dan PLTU Air Anyir, di Kabupaten Bangka, terlihat jelas

Yang menjadi lebih spesial lagi, Kota Pangkalpinang adalah kota ketujuh yang disinggahi Torch Relay Asian Para Games 2018. Atau, kota terakhir sebelum Torch Relay Asian Para Games menyambangi Jakarta. 

Obor dibawa langsung Ketua Panitia Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari, dari Medan, Sumatera Utara. Di Jembatan Emas, Raja Okto menyerahkan obor kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Setelah itu, obor dibawa berkeliling Pangkalpinang. (*)

BERITA REKOMENDASI