BPJ Makin Matang Usai Tur Jakarta

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim basket profesional DIY, Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) makin matang usai melakoni  tur ke Jakarta.  

Tim Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja berupaya untuk meningkatkan prestasi pada gelaran IBL yang akan mulai digeber Januari 2020. Pada kompetisi IBL musim  2019, BPJ lolos ke babak playoff, maka tahun ini menargetkan untuk lebih baik dari itu.

Hijrahnya Galank Gunawan disebut jadi faktor teratas Nuke Tri Saputra dan kawan-kawan tak lagi perkasa. Tapi kinerja tim selama uji coba ke Jakarta melawan tim basket profesional yang sebagian besar peserta IBL musim ini menjadi harapan BPJ  untuk makin solid dalam team work dan pemain lain bisa step up di pertandingan. Sebelum uji coba ke Jakarta, tim pelatih sempat melihat karakter trio legiun asing  Blake Truman, Devin Gilligan, dan David Seagers dalam dua kali latihan. David tak punya masalah dalam adaptasi. Tim pelatih yang dikepalai Raoul Miguel Hadinoto juga sudah tahu karakter David lantaran sudah pernah bekerja sama musim lalu.

“Devin dan Blake harus cepat adaptasi dengan pemain dan sistem, untuk itulah kami minta ada tryout ke Jakarta lawan tim-tim IBL,” ujar  Eboss—panggilan akrab pelatih BPJ Raoul Miguel Hadinoto.

Sementara itu, Manajer tim, Dyah Ayu Pratiwi, merasa uji coba adalah momen tepat dan cepat mengenalkan atmosfer basket di Indonesia pada Devin dan Blake. Program tim pelatih tersebut mendapat dukungan penuh dari manajemen. Lawan pertama Bank BPD DIY Bima Perkasa yaitu  NSH Jakarta yang resmi dilatih Antonius Fery Rinaldo aka Inal, eks asisten Rojko Toroman di Tim Nasional (Timnas).

Devin dan David tampil ganas di laga yang berakhir 83-70 untuk BPJ. Mereka sama-sama mencetak 26 poin. Devin juga mencatat double-double. Frida Aris yang kini mengapteni Bima Perkasa jadi sosok kokoh di bawah ring saat defense bersama Devin. “Ini peran baru (kapten) buat saya di tim. Sebagai pemain senior saya harus bisa step up untuk kasih contoh ke pemain muda,” ungkap Frida Aris.

Menurut  Dyah Ayu, amunisi pebasket lokal mulai unjuk gigi di laga kedua lawan Amartha Hangtuah. Nuke Tri Saputra yang sejak Piala Raja disebut mesin gol Bima memperbaiki catatannya dengan membukukan 13 poin dan tiga rebound. Pun Tifan Eka Pradita yang kerap merepotkan defense Hangtuah lewat drive-nya ke paint area. Devin makin kuat bahu membahu dengan Frida Aris di area pertahanan dengan mencetak 11 defensive rebounds.

Menang 78-72, penampilan Bima Perkasa dipuji pelatih kepala Amartha Hangtuah Harry Prayogo. Ia bilang Bank BPD DIY Bima Perkasa memberi pelajaran bagus untuk anak asuhnya, khususnya mental. (Rar)

BERITA REKOMENDASI