Cabang Angkat Besi, Eko Yuli Rebut Medali Perak Olimpiade

BRASIL (KRjogja.com) – Eko Yuli Irawan menyumbangkan medali perak kedua untuk Indonesia di Olimpiade Rio De Janeiro dari cabang olahraga angkat besi 62 KG, Senin (8/8) malam waktu setempat. Eko Yuli mencatatkan total angkatan 312 KG dari snatch 142KG dan clean & jerk 170 KG.

Medali emas didapatkan Oscar Albeiro Figueroa dari Kolombia dengan total angkatan 318 KG, sementara perunggu direbut Kazakstan dengan total 305KG. Eko Yuli mencatatakan 142KG pada angkatan snatch pertamanya. Ia kemudian coba mengangkat 146KG pada snatch kedua dan ketiganya, tapi berujung pada kegagalan.

Eko Yuli bersaing ketat dengan Figueroa yang merupakan pencetak rekor Olimpiade pada 2012. Pada total angkatan snatch, keduanya sama-sama mencatatkan snatch 142KG, tapi Figueroa lebih unggul karena memiliki berat badan yang lebih ringan.   

Di bagian Clean & Jerk, Eko Yuli Irawan langsung menaklukkan 170 KG di angkatan pertamanya yang kemudian dibalas Figueroa dengan 172KG. Eko Yuli kemudian gagal di angkatan kedua ketika coba mengangkat 176KG.

Figueroa yang mendapatkan dukungan dari penonton tuan rumah, kemudian bisa menaklukkan 176 KG dengan nyaman. Di angkatan ketiga, Eko Yuli kembali mencoba memberikan tantangan dengan memilih 179KG, tapi gagal untuk mengangkat beban ke atas kepala.

Figueroa yang telah memastikan emas bersamaan dengan kegagalan Eko Yuli, coba untuk mengangkat 179 KG di angkatan ketiga. Figueroa gagal tapi kemudian mendapatkan sambutan meriah dari penonton yang membuatnya menangis. (*) 

BERITA REKOMENDASI