Catur Piala Raja VII, Peserta Bersaing Rating Internasional

BANTUL, KRJOGJA.com – Kejuaraan catur bertitel Piala Raja VII digelar 21-25 Oktober 2019 di Grha Pradipta Jogja Expo Center. Tak kurang 210 pecatur dari berbagai daerah termasuk luar negeri ikut serta menambah Elo Rating Internasional. 

Iwan Prihastomo, Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan kejuaraan kali ini diikuti 210 peserta terdiri dari 60 junior dan 150 senior. Peserta menurut dia berasal dari 13 provinsi di Indonesia termasuk 1 peserta dari Australia. 

“Jumlah peserta memang berkurang dari tahun sebelumnya karena berdekatan dengan agenda Kejurnas. Namun begitu malah ada hal positif di mana kami bisa mempertandingkan satu nomor tambahan yakni catur cepat. Ini menarik dan mudah-mudahan bisa memaksimalkan prestasi catur Indonesia,” ungkapnya pada wartawan. 

Gunawan Bong, Perwakilan PB Percasi menambahkan sebagai penyesuaian kejuaraan kali ini memberlakukan kontrol waktu 60 menit plus 30 detik di mana dalam satu hari bisa dimainkan tiga babak. “Seturut peraturan tak boleh lebih dari 12 jam sehari, tetap sesuai standar tapi rating peserta yang ikut tak boleh lebih dari 2199. Di sisi lain, positifnya memberi kesempatan pemain junior mendapatkan rating,” imbuh dia. 

Gunawan berharap event rutin yang memasuki tahun ketujuh ini bisa memperbanyak jam terbang pemain khususnya DIY dan seluruh Indonesia serta menambah rating internasional.  “Kita jangan kalah sama Malaysia bahwa mereka banyak sekali pecatur punya rating internasional, meski ratingnya kecil. Ini sangat penting untuk kita di Indonesia agar rating naik dan kualitas naik. Ajang ini salah satu upaya menambah kejuaraan dengan rating. Selama kejuaraan hingga ke tujuh ini sudah 200 lebih pecatur dari yang belum punya jadi punya rating,” pungkas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI