Diikuti 12 Ribu Pelari, Mandiri Jogja Marathon Digelar 2 Hari

YOGYA, KRJOGJA.com – Penggemar olahraga lari di Indonesia ternyata semakin bertambah dari waktu ke waktu. Event Mandiri Jogja Marathon 2020 membuktikan semangat tersebut di mana lebih dari 12 ribu peserta ikut serta dalam event yang mengambil latar Candi Prambanan ini.

Tak main-main, banyaknya peserta membuat panitia penyelenggara memperpanjang waktu event yang rutin digelar tahunan ini. Jika biasanya hanya sehari, kali ini Mandiri Jogja Marathon bakal dilangsungkan dua hari yakni 28-29 Maret 2020.

BACA JUGA :

RUPS Mandiri Bagikan 60% Laba 2019 Sebagai Dividen

Mandiri Jogja Marathon Libatkan Warga Sepanjang Rute yang Dilalui

Vice President Corporate Communications Bank Mandiri, Rudi As Aturrida mengungkap di tahun 2020 ini animo peserta begitu luar biasa. Dari yang awalnya 7.500, penyelenggara pun akhirnya menaikkan jumlah maksimal peserta menjadi 12 ribu untuk seluruh kelas mulai 5 K, 10 K, 21 K dan 42 K.

“Ternyata luar biasa sekali animonya, kami putuskan untuk menambah jumlah peserta menjadi 12 ribu. Nanti 7 ribu untuk kategori 5 dan 10 K akan start hari Sabtu 28 Maret sementara ya g half dan full marathon 5 ribu peserta akan start di hari Minggu 29 Maret,” ungkap Rudi dalam temu media, Kamis (20/2/2020).

Tak hanya itu, jumlah peserta asing pun mengalami peningkatan di tahun 2020 ini. Dampak Virus Corona yang membuat event marathon di beberapa negara dibatalkan membuat daya tarik Mandiri Jogja Marathon bertambah.

“Tahun ini ada 131 peserta asing dari 12 negara yang ikut serta. Beberapa diantaranya seperti dari Australia, Prancis, Honduras, India, Jepang, Kenya, Spanyol dan Singapura,” sambung dia.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengungkap penyelenggaraan Mandiri Jogja Marathon menjadi dua hari secara tak langsung menambah lenght of stay wisatawan di Yogyakarta. Terlebih, seturut data penyelenggara, 80 persen peserta berasal dari luar wilayah DIY.

“Jumlah peserta juga bertambah jadi 12 ribu lebih, ini secara tak langsung menambah jumlah kunjung wisatawan ke DIY, karena hampir dipastikan mereka menginap di Yogyakarta. Event kali ini juga dua hari, yang pastinya membuat peserta lebih lama berada di Yogyakarta, bisa menikmati suasana Yogyakarta,” ungkapnya mengimbuhkan. (Fxh)

Penyelenggara MJM 2020 saat mengenalkan jersey terbaru untuk peserta (Harminanto)

BERITA TERKAIT