Euro 4 Wajib Dipakai Saat Asian Games, Ini Sebabnya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis Euro 4 wajib dilakukan selama penyelenggaraan Asian Games pada Agustus 2018.

Namun, dia tidak menjabarkan secara rinci perihal rencana pengurangan Premium selama penyelenggaraan ajang olahraga tersebut.

"Saya minta bukan Premium (dihilangkan). Saya minta fasilitas untuk Euro 4 jadi saya enggak sebut secara spesifik Premium atau apa. Silakan saja Pertamina yang tahu tetapi bahan bakar yang Euro 4 selama Asian Games itu dipakai. Jadi di spot-spot Jakarta, kalau mungkin Jabodetabek dan juga Palembang," ujar dia dalam keterangnnya, Kamis (29/3/2018).

Menteri Siti mengatakan, pemerintah mendorong penggunaan Euro 4 karena memiliki kualitas yang ramah lingkungan. Sementara jenis BBM dibawah Euro 4 rentan mengandung logam berat. Hingga kini, hanya Indonesia dan Myanmar yang belum menerapkan penggunaan Euro 4 secara permanen.

"(Di bawah Euro 4) itu kan pimbal ya, Pb itu kan logam berat jadi itu sudah aturan. Dan kalau kita pakai oktan yang lebih tinggi itu Pb-nya lebih rendah dan itu sebetulnya ke kualitas lingkungan. Kita mungkin sekarang yang belakangan ya. Mungkin tinggal kita sama myanmar. Yang lain udah semua ke Euro 4," jelasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI