Gagal Masuk Asian Games 2018, PCI Konsentrasi World Cup 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com – Meski cabang olahraga cricket tidak dipertandingkan di arena Asian Games 2018, namun Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), Aziz Syamsuddin tetap berkomitmen mendorong prestasi olahraga cricket. 

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PP PCI 2018 di Jakarta, 25-26 Februari pembahasan utama adalah bagaimana timnas cricket Indonesia tampil World Cup Melbourne 2019, sebuah kejiaraan dibawah International Cricket Confederation (ICC).

"PP PCI akan konsentrasi mempersiapkan tim cricket Indonesia yang bakal diterjunkan pada ICC World Cup 2019. Targetnya bidikan prestasi menembus lima besar dunia," kata Aziz Syamsuddin dalam rilisnya.
  
Meski baru berdiri, prestasi olahraga cricket Indonesia memang cukup bagus. Pada SEA Games Malaysia 2017, tim cricket putri Indonesia meraih perak dan tim putra meraih perunggu. Yang clebih membanggakan, Indonesia yang semula berada di peringkat ke 45 dunia naik ke peringkat 29 dunia.  
Untuk memenuhi target masuk lima besar pada World Cup 2019, kata Aziz, ada tiga agenda penting yang akan dijadikan ajang uji coba. 

Yakni, Kejuaraan Cricket Internasional di Thailand, 4-14 Maret 2018. Kemudian, Bali Six di Bali, 30 Maret 2018 dan event pengganti Asian Games 2018 yang digelar di Incheon, Korea Selatan, Juni atau Juli 2018. 

"Tiga event ini akan dijadikan ajang uji coba Tim Cricket Indonesia yang akan diterjunkan pada World Cup 2019. Dan, kita berharap mereka bisa lebih matang lagi sehingga target masuk 5 besar bisa terpenuhi," ujarnya.  

Komitmen Aziz membangun prestasi olahraga cricket bukan hanya mendapat perhatian ICC. Bahkan, ICC memberikan penghargaan khusus kepada PP PCI tentang pengelolaan keuangan yang akuntable. 

"PP PCI mendapat penghargaan ICC tentang pengelolaan keuangan yang akuntable bersama lima negara anggota lainnya. Ini sesuatu yang membanggakan," tandas Azis yang juga Ketua Banggar DPR RI. 

Rakernas PCI yang dihadiri 18 Pengprov PCI dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno. (Fon).

BERITA REKOMENDASI