GM Susanto Megaranto Kalahkan Grand Master Catur Belanda

YOGYA, KRJOGJA.com – Grand Master catur andalan Indonesia, Susanto Megaranto meraih hasil maksimal dalam babak pertama Japfa Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019, di Hotel Grand Inna Malioboro, Kamis (13/6/2019) petang. Susanto mengalahkan GM Ivan Sokolov asal Belanda.

Susanto yang menjadi unggulan ketiga berdasarkan rangking elo 2548, sementara keluar sebagai pemuncak klasemen babak pertama, berkat torehan satu poin. Capaian apik Susanto juga diikuti tiga pecatur Indonesia lainnya, yang sukses mencatat hasil apik yakni Chelsie Monica Sihite yang mengalahkan unggulan pertama IM Sophie Millet dari Prancis.

Sementara, IM Primasworo Novendra mampu mengimbangi unggulan satu GM Dmitry Kokarev asal Rusia dengan elo rating 2609. Dua pecatur Indonesia lainnya yang meraih imbang yaitu, IM Yoseph Theolifus Taher, yang mencatat remis dengan IM Das Arghyadip (India), serta IM Sean Winshand Cuhendi, yang mampu menorehkan hasil imbang dengan pecatur asal India, IM Raji Teja S.

Namun, hasil apik empat pecatur tuan rumah gagal diikuti dua pecatur lokal lainnya di mana WGM Media Warda Aulia terpaksa menyerah kalah dari GM Rustam Khusnutdinov dari Kazakhstandan, serta FM Azarya Jodi Setyaki yang ditaklukkan IM Raghunandan Kaumandur S asal India.

Di sektor putri, pecatur asal Indonesia, WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra, menaklukkan rekan satu negaranya, WFM MOnica Putri W. WFM Umi Fisabililah mampu mengimbangi WGM Gong Qianyun asal Singapura yang sayang tak bisa diikuti WFM Tammi Nasuha yang kalah dengan IM Alina L'ami asal Romania.

GM Susanto Megaranto sendiri menilai ajang Japfa Grand Master and Women Grand Master Tournament 2019 menjadi ajang pemanasan sebelum menghadapi kejuaraan dunia mendatang. "Semakin banyak peserta yang ambil bagian di sini, semakin bagus lah, untuk lima junior di bawah saya juga bisa memanfaatkannya untuk mengejar grand master ya,” ungkapnya.

Jumat (14/6/2019) hari ini, para pecatur kelas dunia tersebut akan menjalani pertandingan babak kedua di tempat yang sama. Ajang internasional tersebut akan berlangsung hingga 21 Juni 2019 mendatang. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI