Indonesia Masih Kokoh di Posisi Kedua

FILIPINA, KRJOGJA.com – Indonesia memborong tambahan 11 medali emas dari berbagai cabang olahraga SEA Games XXX/2019, Sabtu (7/12/2019) malam. Dengan raihan 51 medali emas, 48 perak dan 53 perunggu, Indonesia malin kokoh di posisi kedua klasemen sementara perolehan medali hingga Sabtu malam. Sementara itu tuan ruma Filipina tetap di puncak klasemen sementara dengan meraih 85 emas, 63 perak dan 64 perunggu, sedangkan Vietnam di posisi ketiga dengan 42 emas, 48 perak dan 61 perunggu. 

Dengan perolehan medali tersebut, kontingen Merah Putih tinggal menambah terpaut 9 medali emas untuk memenuhi target yang diminta Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan, Presiden Jokowi menginstruksikan agar kontingen Indonesia membawa pulang 60 medali emas dan finish di peringkat kedua. Karenanya, sesuai permintaan Pak Jokowi, kontingen Indonesia sudah siap untuk memenuhi target tersebut. 

Sebanyak 11 medali emas yang diborong kontingen Indonesia, Sabtu kemarin berasal dari Rowing-Pair putra, Modern Pentathlon-Mixed Beach Triathle Relay putri, Canoe-Canoe Doubles 200 meter putra, Tennis-Team Double putri, Karatedo – Individual Kata putri, Karatedo – Individual Kata putra, Tennis-Mixed Doubles Event (B), Tim Indonesia (Traditional Boat Race), Skateboarding-Street putra, Men`s Long Jump, Men`s 50 meter Backstroke.

Sementara itu, ganda putra bulutangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto mengalami nasib yang sama di perempatfinal SEA Games 2019. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus kandas di perempatfinal, usai ditaklukkan ganda putra Thailand Bodin Isara/Maneepong Jongjit.

Meski menyandang status unggulan teratas dan menjadi pasangan peringkat 5 dunia, ternyata tidak menjadi jaminan bagi Fajar/Rian untuk meredam pasangan Thailand, Bodin Isara/Maneepong Jongjit. Menjalani laga di lapangan 2 Muntinlupa Sports Complex Filipina, Sabtu (7/12), Fajar/Rian takluk dalam dua game langsung dengan skore 16-21, 21-23. Kekalahan tersebut menodai rekor pertemuan Fajar/Rian dengan Isara/Jongjit menjadi 2-1. 

Fadia/Ribka lebih dulu terhenti saat dikalahkan unggulan dua, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia), dua game langsung 19-21, 16-21.Hasil berbeda diraih ganda putri  Indonesia lainnya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil lolos ke semifinal, setelah di perempatfinal menyingkirkan ganda putri Thailand dengan skor meyakinkan 21-7, 21-11 dalam 31 menit. "Dari pertama main di sini, kami masih banyak terbawa sama kondisi lapangan. Sebenarnya game pertama mainnya sudah enak, tapi tadi akhirnya kegrebek lagi sama lawan,” ujar Ribka, dilansir badmintonindonesia.org.(Rar)

BERITA REKOMENDASI