Ini Dia, Fokus Kerja Panpel Asian Games 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tiga fokus pekerjaan akan dilakukan oleh Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) 2018 dalam sisa waktu enam bulan ke depan. Tiga fokus itu mulai dari dana, pawai obor (torch relay), dan persiapan penyelenggaraan Asian Games. 

Ini dikatakan oleh Ketua Inasgoc, Erick Thohor di Sekolah Bela Negara Partai Nasdem, Jakarta. Menurut Erick, kurang dari enam bulan menuju Asian Games 2018, Inasgoc harus memastikan dana masuk tepat waktu alias tidak terlambat. 

“Alhamdulillah sponsor merespons dengan baik karena ketika test event lalu seluruh logo sponsor sudah ada di lapangan dan pemerintah pun telah berkomitmen akan mengusahakan tepat waktu,” kata Erick.

Terkait pawai obor, Inasgoc berencana menambah jumlah provinsi yang akan dilintasi oleh obor Asian Games 2018. Dia mengatakan Inasgoc akan melakukan pawai obor di 18 provinsi atau bertambah enam dari rencana sebelumnya 12 provinsi. 

Inasgoc akan meneruskan tradisi yang dimulai pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, terkait asal api. Sejak empat tahun lalu, obor Asian Games dinyalakan di lokasi pertama kali Asian Games digelar pada 1951, yakni Stadion Nasional Dhyan Chand. 

Api ini menggunakan cermin parabola yang diarahkan ke sinar matahari pada prosesi di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, pertengahan Juli mendatang. 

Kemudian, api dari India akan dibawa ke Mrapen, Kabupaten Grobokan, Jawa Tengah, yang merupakan lokasi api abadi. Selanjtnya selama sekitar satu bulan, api akan berkeliling melintasi kota-kota di 18 provinsi di Indonesia. 

Obor akan melintasi sejumlah tempat wisata seperti Gunung Bromo di Malang, Jawa Timur; Denpasar Bali, dan Raja Ampat Papua Barat. “Torch relay dari dua belas provinsi menjadi delapan belas provinsi, hal itu bertujuan agar Asian Games lebih bergema,” kata Erick. 

Terakhir, jelas Erick, Inasgoc akan fokus mempersiapkan penyelenggaraan ketika Games Time pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. “Ada dua hal yang sangat besar, yakni pembukaan dan penutupan Asian Games 2018,” tutupnya. (Fon) 

BERITA REKOMENDASI