Ini Dia Orang Dibalik Sukses Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2017

SOLO, KRJOGJA.com – Senny Marbun meraih penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga atas jasanya dalam membangun kebanggaan prestasi olahraga Indonesia. Salah satu prestasi membagakan Senny adalah mampu membawa kontingen Indonesia sebagai juara umum Asean Para Games 2017 Malaysia.

Kontingen Merah Putih waktu itu berhasil mengubur ambisi tuan rumah maupun Thailand. Indonesia merebut 126 medali emas 75 perak dan 50 perunggu. Apa yang dicapai kontingen disabilitas ini sangat membagakan, karena sebelumnya kontingen atlet normal terpuruk. Itulah kenapa Senny Marbun sebagai Presiden National Paralympic Commitee (NPC) Indonesia mendapat penghargaan.

Menanggapi penghargaan itu Senny mengaku memiliki konsekuensi lebih berat. Yang pasti hubungan NPC dengan Kemenpora semakin dekat. "Penghargaan ini sebagai ekspresi pemerintah terhadap NPC semakin bagus. Jadi ke depan kita harus bisa lebih baik lagi," katanya.

Ia mengakui NPC sekarang semakin diperhatikan masyarakat. Itu dirasakan ketika menggelar kegiatan seleksi atlet disabilitas untuk cabang olahraga tertentu peminatnya banyak. Tentu ini sangat menguntungkan dalam pencarian bibit unggul. Hanya konsekuensinya biayanya membengkak.

Untuk menekan biaya dalam prmbentukan kontingen Asian Para Ganes 2018 yang berkekuatan 300 atlet, Senny tidak seluruhnya memakai seleksi. Hanya lima cabang yang melalui seleksi nasional diantaranya balap sepeda, basket kursi roda dan bocia, yudo. Lainnya diambil dari bank pemain yang dimiliki.

Mereka ada yang telah sukses di Asean Para Games Malaysia maupun Youth Asian Para Games di Dubai.(Qom)

BERITA REKOMENDASI