Kejuaraan Catur Cepat Pendowoharjo, Master Internasional Siap Tampil

BANTUL, KRJOGJA.com – Paguyuban catur Gajah Manunggal kerja sama dengan desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon,  Bantul akan menggelar kejuaraan catur cepat terbuka untuk umum. Event dalam rangka Hari Jadi ke-73 Desa Pendowoharjo tersebut  bakal diselenggarakan di  Pendopo Balai Desa Pendowoharjo  Jalan Bantul, Km 8,5 Sewon, Bantul, Sabtu (21/12/2019).

Panitia penyelenggara Tri Mulyadi di Bantul, Rabu (18/12/2019) mengatakan,  kejuaraan berhadiah total uang  pembinaan Rp 8 juta, trofi dan sepeda  hadiah dari Bupati Bantul tersebut, mempertandingkan kelompok senior umum (terbuka), Junior U-12 tahun (kelahiran  tahun 2007)  dan khusus peserta Kecamatan Sewon. “Panitia penyelenggara dalam menyelenggarakan event ini akan menarik uang pendaftaran sesuai  kategori. Untuk biaya kategori senior terbuka (umum) peserta dikenakan Rp 40 ribu, kategori junior Rp 25 ribu dan khusus peserta Sewon Rp 15 ribu,” ujar Tri Mulyadi, yang juga wasit catur nasional  dari DIY.

Disebutkan  untuk  calon peserta sudah banyak yang mendaftar, hingga  Rabu (18/12/2019) kemarin sudah di atas 40 pecatur yang mendaftar di sekretariat panitia  (depan Balai Desa Pendowoharjo, Tri Mulyadi). Di antara peserta yang sudah mendaftar   yaitu pecatur  bergelar master internasional Rony Gunawan dari Surabaya (Jatim). Ia nantinya akan tampil di kategori senior  terbuka (umum). “Event ini baru pertama kali kita gelar. Panitia mematok target peserta sebanyak 100 hingga 150 pecatur untuk ketiga kategori yang dipertandingkan,”  papar Tri Mulyadi.

Lebih lanjut dikatakan, ketentuan yang harus dipatuhi  para peserta dalam mengikuti event ini di antaranya , pemegang buah putih wajib membawa peralatan catur, papan dan jam catur. Berpakaian rapi dan menjaga kesopanan selama pertandingan berlangsung. Selanjutnya, untuk jumlah babak  yang dipertandingkan di antara  7 -9. Catur cepat 15 menit+ increament 5 detik (15+5). Pendaftaran peserta ditutup Jumat (20/12/2019) hingga pukul 23.00. Sedangkan pertandingan dihelat  Sabtu (21/12/2019) mulai pukul 08.00 hingga selesai.(Rar)

 

BERITA REKOMENDASI