Kejurda Panahan Jaring Atlet Junior

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Sebanyak 267 atlet panahan mengikuti Kejuaraan Panahan Yunior Tingkat Jateng, yang digelar DPRD Karanganyar bersama Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Karanganyar di Stadion RM Said, Jumat-Minggu (1-3/3). Masing-masing atlet berebut skor di bidikan 40 meter. 
 
Ketua Umum Perpani Karanganyar Sujarno mengatakan, lomba dikhususkan untuk atlet yunior, untuk menjaring bibit atlet andalan yang akan diikutsertakan dalam berbagai kompetisi di tingkat regional maupun nasional.  "Ada empat kelas yang dilombakan, untuk atlet SD, SMP dan SMA dari berbagai daerah di Jateng. Untuk kelompok SD kelas 1-3 diikuti 57 atlet, SD kelas 4-6 diikuti 121 atlet, peserta SMP sebanyak 55 atlet dan SMA sebanyak 34 atlet," jelasnya, Sabtu (2/3)  
 
Menurutnya, kejuraan panahan junior tingkat Jawa Tengah ini,  baru peretama kali diadakan di Karanganyar. Kedepan, levelnya akan dinaikan menjadi tingkat nasional dengan jangkaun bidik sejauh 70 meter. Kejuaraan tersebut dihelat dalm rangka HUT ke-68 DPRD Karanganyar.
 
Menurutnya, beberapa atlet panah asal Karanganyar pernah menorehkan prestasi di level internasional. Pada 2007, Awal Ahmad pernah tergabung dalam tim Sea Games di Thailand. 
Sementara Danar Arga Baskoro pernah mewakili Indonesia dalam kejuaraan panahan pelajar internasional di Rusia. Sementara di gelaran Porprov  Jateng, atlet panah Karanganyar selalu menyumbang medali emas. 
 
"Ke depan, kami berharap kejuaraan ini bisa dinaikkan levelnya menjadi kejuaraan tingkat nasional. Agar semakin memacu atlet panahan untuk meraih prestasi lebih tinggi," imbuhnya. 
Sosialisasi kejuaraan panahan itu sudah lakukan di SD melalui  guru-guru olahraga. Ketua DPRD Karanganyar Sumanto mengatakan, kompetisi panah untuk atlet yunior dibutuhkan, karena banyak atlet berpotensi yang prestasinya tidak muncul akibat minimnya kompetisi. 
 
"Kompetisi itu perlu, untuk mengasah kemampuan atlet. Agar bisa berprestasi. Di Karanganyar, lomba panahan kan jarang, padahal banyak atlet yunior yang berpotensi. Lomba ini salah satu upaya, untuk mendongkrak prestasi. Tidak hanya berprestasi di level lokal dan regional, tapi bisa di level nasional atau internasional," tuturnya. 
 
Dia menambahkan, ke depan, lomba panahan akan dinaikkan levelnya menjadi tingkat nasional. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI