Kontingen Indonesia Terkendala Makanan

Editor: Ivan Aditya

RIO DE JANEIRO (KRjogja.com) – Kontingen Olimpiade Indonesia terkendala masalah makanan. Makanan yang disediakan panitia pelaksana Olimpiade Rio de Janeiro 2016, meskipun berlimpah dan beragam tapi tidak akrab di lidah para atlet dan ofisial Indonesia yang tinggal di perkampungan atlet.

Bukan hanya itu, makanan untuk tim di tempat latihan pun tidak tersedia dalam kondisi hangat atau panas. Panitia hanya menyediakan makanan dingin yang sudah dipesan dua hari sebelumnya. Hal itu tak pelak dikeluhkan para atlet dan ofisial tim.

Kondisi itu langsung ditanggapi oleh Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Raja Sapta Oktohari dengan mengirimkan makanan bercita rasa Indonesia kepada para atlet di perkampungan atlet. CdM bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memang membawa dua koki dari Indonesia guna kepentingan kontingen selama di Brasil.

"Demi target bisa mengembalikan tradisi emas Olimpiade, kami memang sudah berkomitmen melakukan segala cara untuk memberikan rasa nyaman pada para atlet termasuk menyediakan makanan bercita rasa Indonesia untuk mereka. Jangan sampai justru ada hal-hal nonteknis yang bisa mempengaruhi fokus mereka (atlet) dalam proses latihan hingga pertandingan nanti," kata Okto, Selasa (02/08/2016).

Untuk kendala makanan di tempat latihan seperti yang dikeluhkan tim panahan Indonesia, Okto mengaku masih mencari solusinya mengingat ada aturan dari penyelengga yang melarang tim membawa makanan dari luar venue. (*)

BERITA REKOMENDASI