Krapsi Jadi Tes Perdana Perenang Pelatnas SEA Games 2017

JAKARTA (KRjogja.com)- Sebanyak 16 perenang yang diajukan PB PRSI untuk menjalani persiapan menghadapi SEA Games Malaysia 2017 diminta menampilkan performa terbaiknya dalam meraih prestasi maksimal. Mereka akan menjalani tes pertama pada Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia (Krapsi) di Surabaya, 19-24 Desember 2016. 

"Krapsi menjadi test event pertama bagi perenang yang dipersiapkan ke SEA Games Malaysia 2017. Jadi, mereka harus bisa menunjukkan performa terbaiknya," kata Wakil Ketua I Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Lukman Niode di Jakarta. 

Usai Krapsi, kata Lukman, mereka akan kembali menjalani latihan persiapan menghadapi uji coba pertama di luar negeri pada Kejuaraan Renang Singapura Open medio Maret 2017. "Di Singapura Open 2016, kita akan melihat sejauh mana perkembangan prestasi yang telah dicapai dan peluang yang bakal diraih di SEA Games Malaysia 2017," katanya. 

Mengingat persaingan cukup keras, kata Lukman, perenang yang akan diterjunkan pada SEA Games Malaysia 2017 akan lebih diperketat. Mereka yang terpilih harus lolos pada seleksi nasional (seleknas) yang akan digelar Mei 2017. 

"Dari hasil seleknas itu, kita akan membentuk Tim Renang SEA Games Malaysia 2017 sekaligus Tim Renang Indonesia yang akan diterjunkan pada Kejuaraan Dunia Renang di Buddapest, Juni 2017, " kata Lukman Niode yang juga mantan perenang nasional. 

Ketika disinggung masalah Kejuaraan Renang Asia bertajuk Asian Swimming Championship (AASF) ke-10 di Tokyo, Jepang, pekan lalu, Lukman menyebut event internasional tersebut bukan rekomendasi Satlak Prima. "AASF itu di luar dari program Satlak Prima. Siapa saja boleh menjadi perserta dengan biaya sendiri," katanya. 

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), Anindya Novyan Bakrie mengapresiasi prestasi Siman yang dinilainya bisa jadi modal untuk bertarung di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.“Mudah-mudahan dengan terus berlatih dan menambah lagi pengalaman bertanding di level internasional, Siman akan berhasil mencapai puncak prestasi tahun depan,” kata Anindya. (Fon)

BERITA REKOMENDASI