KRAS 2020 Datangkan 1.000 Perenang ke Kulonprogo

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com –  Pengurus Besar (PB) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) akhirnya mengeluarkan rekomendasi penyelenggaraan Kejuaraan Renang Antar Sekolah (KRAS) yang bakal berlangsung di Kolam Renang Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Wates, Kulonprogo, 24-26 Januari 2020. Sebanyak 1.000 perenang dari berbagai usia ditargetkan datang ambil bagian pada even tahunan yang kali ini mengambil tempat berbeda.

Ketua Panitia KRAS 2020, Dede Wahyudi mengungkap pihaknya sudah mendapat rekomendasi penyelenggaraan melalui surat tertanggal 4 Desember 2019 yang ditandatangani Sekjen PB PRSI bernomor: 452/SJN/XII.2019 tentang Rekomendasi tertulis pemberian rekomendasi didasarkan bahwa KRASI dapat memberikan pembinaan prestasi dan dapat terlaksana sesuai aturan dan ketentuan PB PRSI/FINA.

Baca juga :

Cuaca Panas Masih 2-3 Hari ke Depan
Patung Dewa-dewi Klenteng Gondomanan Disucikan Sambut Imlek

"Guna dapat diakuinya hasil, kami harap dapat menunjukkan atau melakukan pengukuran kolam (Tera) sesuai yang disyaratkan oleh PB PRSI/FINA. Kami sangat senang hal ini menunjukkan KRAS yang rutin digelar makin diakui oleh PB PRSI sebagai kejuaraan nasional berkelas. Ini tak lepas dari kerja keras pengurus Pengda PRSI DIY dan juga Forum Klub Renang Sleman,” ungkapnya dalam temu media Senin (20/01/2020).

Dede menyebut, untuk tahun ini diharapkan peserta bisa menembus angka 1.000 perenang dengan 400 sekolah ikut serta mulai tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Ada duan nomor baru yang dipertandingkan yakni 800 meter dan 1000 meter gaya bebas.

Sementara itu Techinical Delegate Kejuaraan Agung Purwandono menyebut untuk kelompok umur (KU) 3 (12-13 tahun) dan KU 4 (10-11 tahun) selama ini memang paling banyak menyedot peserta. Di luar itu panitia juga membuka KU 1 untuk usia senior yakni 16 tahun ke atas dan KU 5 untuk 9 tahun ke atas.

"Untuk SD itu yang terdata dari Kalimantan, Sumatera, Bali, Jateng, Kaltim, Riau dan Banten. Sementara untuk perguruan tinggi sudah ada dari UGM, Unnes, UNY dan Atmajaya. Kami masih membuka pendaftaran secara online hari ini, semoga semakin banyak yang ikut serta dalam kejuaraan ini,” pungkasnya.

Tahun ini venue pertandingan berpindah ke kolam UNY yang berada di Wates Kulonprogo. Hal tersebut dilakukan lantaran kolam di UNY Wates memenuhi standar internasional dan dipastikan menambah seru kejuaraan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI