Larasati Usman dan Agung Dwi Sabet Juara

SLEMAN, KRJOGJA.com – D'Paragon Horse Riding Club (DHRC) mengadakan kompetisi internal berkuda nomor equestrian jumping di arena berkuda DHRC, kawasan Embung Tambakboyo Depok Sleman, Minggu (10/9/2017). Kompetisi nomor jumping diikuti 12 kuda dari 5 stabel di DIY dan sekitarnya. Hari sebelumnya diadakan kompetisi nomor tunggang serasi.

Kompetisi berkuda nomor jumping mempertandingkan 3 kelas yaitu kelas 70-90 sentimeter, 50-70 sentimeter dan 30-50 sentimeter. Kriteria penilaian adalah keberhasilan melewati rintangan dan catatan waktu. Juara kelas show jumping 50-70 sentimeter diraih Larasati Usman dari Helios Equestrian Club, diikuti Cikal Manika Nareswari dari Rumah Berkuda Yogya (runner-up) dan Akbar Prihanjaya dari Rumah Berkuda Yogyakarta di peringkat tiga.

Sedangkan di kelas 70-90 sentimeter, juara diraih drh Agung Dwi R dari Kusuma Stable diikuti Helios Unit Berkuda UGM diperingkat kedua serta drh Yahya Krisna dari Rumah Berkuda Yogyakarta ditempat ketiga. Kemudian di kelas clear round 30-50 sentimeter, juara disabet Larasati Usman dari Helios Stable, disusul Dwi Aji Kurnia Putra dari Araya Stable dan Yuda Almendo Banggo dari Rumah Berkuda Yogyakarta.

Owner DHRC Jhon Dayat mengatakan, selain untuk memeriahkan Haornas, kompetisi berkuda nomor euqestrian jumping untuk memasyarakatkan olahraga berkuda non-pacuan. Menurutnya, DIY dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat serta Kadipaten Pura Pakualaman sangat lekat dengan warisan budaya berkuda. Namun budaya berkuda itu justru terlupakan. Alhasil di ajang PON terakhir, DIY tidak mengirimkan atlet berkuda nomor equestrian. "Kompetisi ini untuk mewadahi atlet-atlet muda berkompetisi sekaligus mencari bibit unggul," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI