Latihan Di Rumah, Atlet PON DIY dapat Tambahan Susu dan Vitamin

YOGYA, KRJOGJA.com – Atlet PON DIY menjalani pelatnas mandiri di rumah masing-masing setelah adanya wabah Virus Corona Covid-19. Meski kondisi tubuh sehat dan terlatih namun para atlet menyadari bisa tertular atau menjadi pembawa virus pada orang lain.

KONI DIY melakukan berbagai upaya untuk memastikan atletnya tetap terjaga kondisinya di tengah masa ketidakpastian virus Corona. Senin (23/3/2020) KONI membagikan susu dan vitamin untuk memastikan asupan gizi para atlet terjaga meski berada di rumah masing-masing.

Ketua Umum KONI DIY Prof Djoko Pekik Irianto mengungkap setiap atlet/pelatih mendapatkan 1 paket dengan 2 item yakni 20 sachet susu dan 20 tablet vitamin c, untuk konsumsi selama 20 hari ke depan. Sedangkan 1 item vitamin lainnya akan disusulkan kemudian. Pendistribusian tersebut sebenarnya juga menjadi salah satu program pengadaan ‘extrafooding’ KONI DIY bagi atlet dan pelatih dalam rangka kesiapan menuju sukses PON XX Papua Tahun 2020.

“Untuk menjaga kondisi fisik, kemudian ketahanan tetap terpelihara, imunitas atlet dan pelatih tetap terjaga maka kami KONI DIY memberikan bantuan berupa nutrisi. Sebetulnya ada 3 item yang diberikan, namun karena kondisi saat ini, baru susu dan vitamin c yang diberikan,” ungkap Djoko Pekik.

Perihal unsur doping, Djoko yang juga Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) tersebut memastikan vitamin/suplemen yang didistribusikan aman dari unsur doping. “Vitamin ini aman, namun para atlet diharapkan tidak sembarangan mengonsumsi obat. Kami sudah berikan buku saku tentang makanan dan obat-obatan yang boleh dikonsumsi atau tidak, untuk dipelajari oleh atlet dan pelatih,” sambungnya.

Sebagai informasi, ada 24 subcabor yang termasuk dalam Puslatda PON XX DIY Tahun 2020. Meliputi atletik, balap motor, billiar, bola voli pantai, menembak, panahan, pencak silat, renang artistik, sepatu roda, terbang layang, terjun payung, aeromodelling, binaraga, catur, gantolle, judo, kempo, panjat tebing, polo air, rugby, sepatu roda, taekwondo, tarung derajat, wushu, dan renang perairan terbuka. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI