Libas Iran, Indonesia Cetak Sejarah di Kejuaraan Voli Asia

GRESIK (KRjogja.com) – Tim Nasional (Timnas) Voli Putra Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017 dalam kurun waktu 42 tahun terakhir. Keberhasilan itu diraih tim tuan rumah usai mengalahkan salah satu tim kuat, Iran di perempatfinal dengan skor 3-2 (18-25, 18-25, 25-23, 26-24, dan 15-11) di GOR Tridharma, Gresik, Minggu 30 Juli 2017.

Pelatih Timnas Voli Putra Indonesia, Samsul Jais, mengatakan dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung tuan rumah yang memberikan semangat untuk tim asuhannya. Ia mengaku tidak membayangkan timnya dapat melaju jauh ke babak empat besar.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan para suporter Indonesia yang memberikan semangat untuk Timnas meski sempat kalah di dua set awal. Pendukung tuan rumah terus bersorak riang karena ini jadi pencapaian bersejarah bagi kami lolos ke semifinal untuk pertama kali,” ujar Samsul, seperti dilansir Asianvolleyball, Senin (31/7/2017).

“Saya tidak pernah memprediksikan sebelumnya kami bisa mengalahkan tim mana pun di delapan besar. Melihat tim kami tertinggal 0-2 dari Iran, semua orang mungkin berpikir kami akan kalah straight set. Namun, justru para pemain kami tidak menyerah dan bisa meraih kemenangan atas Iran dengan sedikit melakukan kesalahan sendiri,” ungkapnya.

“Bayangkan, Iran mempunyai teknologi olahraga yang mendukung. Terlebih pelatih dan staf pelatih mereka berkualitas. Sementara kami masih di bawah mereka, tetapi kami bisa membuktikan diri untuk menjadi lebih kuat” tambah Samsul.

Di semifinal, Indonesia akan menghadapi Jepang, Senin (31/7/2017) pukul 19.00 WIB yang disiarkan langsung I-News TV. Sebelumnya, pertemuan kedua tim sudah terjadi di babak delapan besar saat tergabung di Grup E di mana Jepang meraih kemenangan 3-0 (25-23, 25-15, dan 25-12).

Jelang laga semifinal itu, Samsul menyampaikan para pemainnya akan berusaha dengan sebaik mungkin saat melawan Jepang. Ia pun bertekad membawa timnya dapat mencetak rekor lainnya di kejuaraan tersebut.

“Kami lakukan beberapa evaluasi jelang laga semifinal. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencetak sejarah lainnya dengan mencoba mengalahkan Jepang,” pungkasnya. (*) 

BERITA REKOMENDASI