Mantan Atlet Nasional Ini Ingin DIY Jadi Gudang Atlet Jalan Cepat

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY pernah menjadi gudang atlet jalan cepat pada sekitar 1980-an. Beberapa atlet berprestasi nasional berasal dari daerah ini. Misalnya Rahmad Sumarsono, J Bakiro, dan A Triyono. Di kelompok putri menyusul Subasmi, Sokiyem, atau Anik Suprapti. Sementara saat ini ada atlet DIY yang disegani di tingkat nasional yakni Bayu Prasetya (putra) dan Indah Lupitasari. 

Baca Juga: Jangan Hanya Rajin Makan, Yuk Olah Raga Teratur..

Bukan hanya atlet, DIY juga menyumbang prestasi nasional lewat pelatih yakni Kadardjo (alm) dan Heri Surahno yang sampai saat ini masih aktif. Kedua pelatih sempat membawa atlet untuk melakukan pemusatan latihan nasional di Yogyakarta.

"Sebagai atlet asal Yogyakarta saya berharap daerah ini tetap menjadi gudangnya atlet jalan cepat," kata Rahmad di Alun-alun Selatan, Yogyakarta, Sabtu (24/8/2019).

Di Alun-alun Selatan, Rahmad yang kini berpangkat Iptu dan menjabat sebagai Wakapolsek Kedaton, Bandarlampung, menjumpai rekan-rekan atlet seangkatannya. Ada J Bakieo, A Triyono, Phiong Tjung Lie, Bambang Dewanjaya, dan Triyana di sela ziarah di makam leluhur.

Agar jalan cepat sebagai salah satu nomor resmi cabor atletik tetap menjadi andalan DIY, Rahmad berharap perlu dilakukan pencarian bibit atlet dari jenjang terendah tetap harus digalakkan seperti saat dirinya memulai karier di bidang olahraga.

Rahmad muncul sebagai atlet setelah mengikuti lomba jalan cepat antarkecamatan se-Kotamadya Yogyakarta, tahun 1980. Setelah itu Rahmad tekun berlatih sehingga menghasilkan prestasi membanggakan. Di antaranya dua medali emas SEA Games 1987 di Jakarta untuk nomor 10 km dan 20 km jalan cepat, selain pernah memegang rekor nasional. 

Baca Juga: Hidup Sehat dengan PIAT UGM, Lotek Jadi Pilihan

Untuk itu, Rahmad berencana mengadakan reuni nasional atlet di Yogyakarta tahun depan sekaligus mengadakan kejuaraan khusus jalan cepat.

"Lomba diadakan untuk mencari bibit atlet usia muda tetapi para atlet senior juga ikut terjun sehingga bisa memberikan semangat dan contoh," kata Rahmad yang juga Ketua Persatuan Atletik Master Indonesia (PAMI) Provinsi Lampung.(Ewp)

BERITA REKOMENDASI