Muchib Tercepat di Ternadi Park, Andy ‘Jon’ Raih Juara Overall IDH 2019

KUDUS, KRJOGJA.com – Rider Jepara Khoiful Mukhib yang turun di kelas Men Elite menyabet gelar juara seri ketiga atau terakhir kejuaraan 76 Indonesian Downhill (76IDH) 2019 yang berlangsung di Ternadi Park Kecamatan Dawe Kudus, Minggu (13/10/2019). Sayang, keberhasilan tersebut tak dibarengi kejayaan merebut gelar juara umum IDH 2019. Mukhib hanya mengumpulkan 589 poin untuk Overall Standing Point IDH 2019. 

Juara Umum atau Overall IDH 2019 diraih Andy 'Jon' Prayoga, yang
memperoleh 590 poin atau satu poin di atas Khoiful Muchib.  Di urutan ketiga Popo Ariyo Sejati 485 poin. Rekan satu tim Mukhib dari 76 Team, Mohammad Abdul Hakim, yang menepi di Ternadi Park lantaran cedera, berada di 10 besar klasemen akhir. 

Mukhib yang pernah berjaya meraih Medali Emas Asian Games 2018
mengatakan, pihaknya sudah berjuang keras menaklukkan medan di Ternadi Park dengan waktu tercepat. “Usaha kami meraih juara overall gagal, hanya selisih satu poin di bawah Andy Prayoga,” ujarnya. 

Di pertarungan seri pamungkas, Mukhib  sukses naik podium dengan mencatatkan waktu tercepat 03:18.712. Sementara rivalnya Popo Ariyo Sejati (Patrol Mountain) menempati posisi kedua dengan waktu 03:24.760, disusul Andy Prayoga (ART Jakarta) dengan torehan waktu 03:25.662 detik. 

Persaingan di kelas Men Elit memang cukup ketat, tak hanya nyali mereka harus memainkan strategi menaklukkan lintasan curam dengan bebatuan alami sepanjang 2,3 kilometer. Para rider masih harus menahan cuaca yang cukup panas. Berbeda dengan dua seri 76IDH sebelumnya yang digelar di Bukit Watu Cenik Wonogiri Jawa Tengah (seri satu) dan Seruni Point Bromo Probolinggo Jawa Timur (seri dua). 

Kabar baik bagi downhiller yang berlaga di kejuaraan 76IDH 2019 seri ketiga di Ternadi Park Kabupaten Kudus, karena peraih juara mendapatkan poin yang dicatat oleh United Cycling International (UCI). Seri balap IDH sudah masuk kalender UCI dan lintasan balapnya juga masuk kategori penilaian. 

Director Indonesian Downhill 2019 Parama Nugroho mengatakan, lintasan balap sepeda downhill di Ternadi Park Kudus memiliki tingkat kesulitan trek tinggi atau dikategorikan sebagai C1. Kategori lintasan C1 memiliki poin cukup tinggi, yakni 60. Poin tersebut satu level dibawah continental, sehingga dengan poin tersebut atlet tanah air memiliki peringkat dunia lebih baik. 

Manager 76 Rider Rudy Purnomo mengakui, lintasan di Ternadi Park
dengan panjang trek 2,3 kilometer dengan rintangan alam yang sangat ekstrem sesuai standar dunia.(Trq)

BERITA REKOMENDASI