Olimpiade Rio Berakhir, Indonesia Peringkat 46

PESTA olahraga sejagad, Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, telah resmi berakhir. Indonesia berhasil meraih satu emas dan dua perak pada pesta olahraga sejagat tersebut. Atas raihan itu, Indonesia menempati posisi 46 daftar akhir peraih medali Olimpiade Rio 2016.

Satu-satunya medali emas yang berhasil diraih Indonesia berasal dari cabang olahraga bulu tangkis yakni nomor ganda campuran melalui Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Sementara dua medali perak dikantongi Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan melalui cabang olahraga angkat besi.

Secara peringkat, Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebab, pada Olimpiade London 2012, Indonesia hanya finis di posisi 63 dengan raihan satu medali perak dan satu medali perunggu.

Sedangkan pada Olimpiade Beijing 2008, Indonesia finis di posisi ke-42. Kala itu Indonesia berhasil membawa pulang satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Posisi juara umum Olimpiade Rio 2016 ditempati Amerika Serikat dengan raihan 46 emas, 37 perak, dan 38 perunggu. Posisi kedua ditempati Inggris Raya dengan jumlah 27 emas, 23 perak, dan 17 perunggu. (*)

BERITA REKOMENDASI