Optimalkan Atlet, Purworejo Rancang Sekolah Catur

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Olahraga berprestasi kini mulai dibidik dari cabang olahraga (Cabor) catur. Mengingat cabor ini mulai banyak digemari di Kabupaten Purworejo, terutama dikalangan pelajar, mulai tingkat sekolah dasar (SD).

“Bukan tidak mungkin Purworejo memiliki sekolah khusus untuk atlet catur, terlebih cabor ini banyak peminatnya dari kalangan pelajar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Purworejo Sukmo Widi Harwanto SH MH, Jumat (13/12/2019).

Dalam peresmian kejuaraan catur antarpelajar se Kabupaten Purworejo yang digelar di SMP Muhammadiyah Purworejo, Sukmo Widi Harwanto mengapresiasi langkah Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Purworejo yang terus menggelar berbagai even untuk cabor ini, bahkan beberapa waktu lalu catur massal juga digelar dalam even Gala Desa.  

“Ini menunjukkan bahwa ke depan Cabor Catur akan mendapat hati di masyarakat, dan jumlah atletnya akan terus bertambah,” jelasnya.

Catur menurut Sukmo Widi Harwanto, merupakan cabor yang dapat diandalkan di berbagai even baik lokal maupun regional dan nasional.

”Kedepan Percasi harus mampu mewujudkan sekolah catur, sekaligus untuk pembinaan atlet sejak usia dini,” tandasnya.

Langkah ini menurut Sukmo Widi Harwanto, dapat dilakukan sebagai langkah yang jelas untuk membina atlet berprestasi.

Menurut panitia kegiatan Achmad Basyar MN WNP, kejuaraan catur tingkat kabupaten ini diikuti 55 atlit pelajar SD dan SMP.

Diakui pula, bahwa untuk Cabor catur ini di Purworejo masih kekurangan pelatih. Disamping usai gelar Gala Desa, sehingga untuk kejuaraan kali ini pesertanya menjadi terbatas. (Nar)

BERITA REKOMENDASI