Paris Resmi Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024

RESMI sudah pemilihan tuan rumah untuk Olimpiade musim panas 2024. Ibu Kota Prancis, Paris resmi ditunjuk Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar empat tahunan tersebut.

Ini merupakan kali pertama Paris menjadi tuan setelah satu abad lamanya. Prancis terakhir kali menjadi tuan rumah adalah pada tahun 1924.

Sebelumnya, Paris juga pernah mengajukan diri sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan Olimpiade 2008 dan 2012. Sayangnya, saat itu Beijing yang terpilih untuk menjadi tuan rumah 2008 dan London untuk 2012.

Selain itu, IOC juga menetapkan Los Angeles sebagai tuan rumah Olimpiade 2028. Ini menjadi ketiga kalinya bagi Los Angeles yang sebelumnya menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1932 dan 1984.

Sebenarnya penunjukkan Paris dan Los Angeles bisa dikatakan sebagai formalitas. Pasalnya, sejauh ini tidak ada kandidat selain kedua kota tersebut. Oleh karena itu, Presiden IOC, Thomas Bach mengatakan keputusan penunjukkan Paris san Los Angeles sebagai tuan rumah Olimpiade “sudah bulat”.

Tidak hanya itu, IOC juga baru pertama kalinya menunjuk kota sebagai tuan rumah Olimpiade untuk periode 11 tahun ke depan. Sementara itu, Olimpiade terdekat, yakni pada 2020 akan berlangsung di Ibu Kota Jepang, Tokyo. (*)

BERITA REKOMENDASI