Pengprov UTI Pro DIY Gelar Latgab

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengurus Provinsi Universal Taekwondo Indonesia Profesional (Pengprov UTI Pro) DIY terus melakukan pembinaan terhadap para atletnya, meski dalam kondisi pandemi covid-19. Salah satunya menggelar Latihan gabungan (Latgab) black belt (sabuk hitam) antar dojang yang ada di bawah naungan UTI Pro DIY dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat dan menjaga jarak.

“Latihan gabungan yang digelar di salah satu gedung pertemuan di Jalan Tamansiswa Yogya, Minggu (12/9) tersebut melibatkan sebanyak 42 taekwondoin dari 12 dojang UTI Pro DIY. Karena kita menerapkan prokes ketat, maka proses Latgab dibagi menjadi delapan gelombang,” ujar sabeum Hendro Susilo salah seorang panitia pelaksana Latgab sekaligus Kabid UKT Pengurus UTI Pro DIY.

Dijelaskan, dengan jumlah terbatas dan juga saling menjaga jarak para taekwondoin black belt sangat antusias dan makin bersemangat mengikuti arahan para senior mereka seperti GM Ganis Hartono, Master Sumartono, sabeum nim Hardyanto Budi Dharmo, sabeum nim Haryaka, sabeum nim Maklon Hatti, sabeum nim Andreas Subarjo, sabeum nim Rendika. Latgab dalam rangka menghadapi ujian sabuk hitam yang bakal dihelat dalam waktu dekat ini juga dihadiri Ketum Pengprov UTI Pro DIY HM Zuharzono Azhary. Ia mengingatkan kepada peserta latgab, akan pentingnya prokes selama pandemi.

Hendro menjelaskan, dalam latihan gabungan ini, materi latihan yang diberikan tim penguji kepada para peserta meliputi kyorugi (perkelahian bebas), kyeukpa (pemecahan benda keras), ho sin sul (beladiri praktis), poomsae (jurus), gibon (hapalan kata dan gerakan). “Tentang kelima materi yang diberikan tim penguji tersebut, anak-anak dapat mencerna dengan baik dan mendekati matang. Hanya untuk materi sejarah taekwondo Jogja anak-anak harus diajarkan secara detail, agar mereka paham betul tentang kapan dan siapa yang pertama membawa cabor beladiri taekwondo masuk Jogja,” pungkas Hendro Susilo, yang didampingi GM Ganis Hartono (Dan VIII) yang baru saja pulang dari Korsel. (Rar)

BERITA REKOMENDASI