Pernah Wakili DIY ke Kejurnas, Dhaksinarga Tetap Adakan Latihan

WONOSARI, KRJOGJA.com – Dhaksinarga Volley Ball Club termasuk tim yang sukses membina dan mengembangkan atlet bolavoli di Wonosari, Gunungkidul. Dhaksinarga yang berdiri tahun 2006 lalu di dusun Tegalrejo, Gari, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, saat ini memiliki sekitar 214 pemain putra-putri. Dari 214 pemain tersebut, mereka terdiri usia dini, remaja, junior dan senior.

“Kita mengutamakan pembinaan pemain secara berjenjang sejak dari usia dini, remaja, junior hingga kelompok senior. Meski kita hanya memiliki pemain hasil binaan sendiri, tapi Dhaksinarga sudah berani berlaga di tingkat kejurnas, baik kejurnas U-17 di Bandung maupun kejurnas senior Livoli Divisi I Pacitan, Jatim mewakili DIY,” ujar Heri ‘Dhak’ Wibowo, selaku pelatih sekaligus pemilik klub Dhaksinarga di Wonosari, Rabu (13/5).

Menurut Heri, di tengah mewabahnya pandemi covid-19, para pemain Dhaksinarga tetap menjalani latihan mandiri di rumah masing-masing guna menghadapi berbagai kejuaraan voli dalam waktu dekat ini di DIY dan sekitarnya.

“Sistem pembinaan yang kita lakukan dibagi menjadi empat kelompok disesuaikan dengan kualitas dan kemampuan. Misalnya kelompok junior usia 19 tahun ke bawah, para pemain yang memiliki kualitas permainan lebih dari yang lainnya, kita masukkan kelompok I baik putra maupun putri,” ungkap Heri.

“Biasanya pada waktu normal sebelum wabah covid-19, para pemain Dhaksinarga latihan di tiga lapangan terbuka di Tegalrejo . Dua lapangan dipakai untuk latihan pemain remaja, junior dan senior. Sedangkan satu lapangan lagi digunakan latihan pemain voli usia dini. Tapi begitu mewabahnya covid-19 latihan di lapangan terbuka kita stop di ganti latihan mandiri di rumah masing-masing,” sambungnya. (Rar)

BERITA REKOMENDASI