Perpani Purworejo Gelar Kejurkab Panahan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Purworejo menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Panahan Pelajar-Umum, Rabu – Kamis (7 – 8/8/2019). Sedikitnya 54 peserta mengikuti kompetisi yang diselenggarakan di GOR WR Supratman itu. 

Kompetisi tersebut memperebutkan juara untuk kelas pra pemula dan pemula untuk jenjang SD, putra dan putri SMP dan putra dan putri untuk SMA serta umum. "Kompetisi dua hari, hari pertama kualifikasi dan hari kedua eliminasi dengan sistem gugur," ungkap Wakil Ketua Askab Perpani Purworejo, Muchtarriyanto, kepada KRJOGJA.com, Rabu (7/8/2019).

Menurutnya, kompetisi tersebut menunjukkan bahwa panahan 'indoor' atau dalam ruangan, dapat dilaksanakan. Selama ini, lanjutnya, panahan biasa dilaksanakan di luar ruangan.

Padahal, panahan dalam ruangan merupakan salah satu kompetisi yang dilombakan hingga tingkat nasional. Panahan tersebut berbeda dengan lomba di luar ruangan.

Pada panahan dalam ruangan, atlet membidik sasaran berjarak 18 meter. Untuk setiap seri, atlet melepaskan tiga anak panah dalam waktu dua menit. "Peserta membidik tiga lingkaran sasaran yang berbeda, masing-masing lingkaran diameternya dua puluh sentimeter dan tersusun vertikal," tuturnya.

Atlet dilarang membidik sasaran yang sama atau milik pemanah lain. "Beda dengan panahan luar ruangan, jarak 50 meter, 40 meter, dan 20 meter, diameternya 48 sentimeter. Pemanah melepas enam anak panah dalam waktu empat menit," tegasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI