Perpres Pembubaran Satlak Prima Tunggu Tanda Tangan Jokowi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Peraturan Presiden (Perpres) terkait pembubaran Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) tinggal menunggu tanda tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu disebutkan Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto, menyusul disetujuinya draf Perpers tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional sebagai pengganti Perpres Nomor 15 Tahun 2016 oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Rabu (18/10/2017).

Ditegaskan JK, tujuan terbitnya Perpres itu untuk menyederhanakan proses birokrasi. Nantinya, kebutuhan anggaran masing-msaing cabang olahraga (cabor) akan diserahkan langsung dari Kemenpora kepada pengurus cabor.

JK mengatakan setelah Perpres terbit Kemenpora dan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) diminta segera melakukan percepatan untuk menindaklanjuti perubahan dalam substansi Perpres. Sedangkan fungsi optimalisasi pengawasan pengendalian dan evaluasi kemungkinan akan diambil alih KONI.

Kemenpora juga menyatakan siap dan akan lebih fokus pada pembenahan sistem dan pola penganggaran yang selama ini menjadi masalah utama pengembangan Satlak Prima. "Kami akan rapat terlebih dahulu dengan para pemangku kepentingan untuk membicarakan tindak lanjut yang akan diambil, Kamis (19/10/2017) siang," kata Gatot. (*)

BERITA REKOMENDASI