Pertama Kali, Kejurnas Karate GKR Hemas Cup

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 440 karateka dari berbagai perguruan karate se-Indonesia ikut berpartisipasi dalam Kejurnas karate khusus atlet wanita GKR Hemas Cup I-2018. Event karate tersebut bakal dihelat selama dua hari Sabtu-Minggu (22-23/12/2018) di GOR Among Raga, Yogya. 

"Kejuaraan karate yang direncanakan digelar sekali dua tahun tersebut diharapkan menjadi ikonnya Yogya. Ya, event karate khusus wanita ini baru pertama kali digelar di Yogyakarta, bahkan di Indonesia," ujar Ketua Pengda Inkai DIY Budi Wibowo SH MM dalam konferensi pers di joglo Dinas Kebudayaan DIY Jalan Cendana Yogya, Jumat (21/12/2018).

Lebih lanjut dikatakan, selain atletnya wanita, juri, wasit dan panitia penyelenggara lainnya hampir semua didominasi para kaum wanita. "Kalaupun ada yang putra panitianya, merupakan Pengurus Inkai DIY selaku pihak penanggungjawab," papar Budi Wibowo yang juga selaku Kepala Dinas Kebudayaan DIY dan Asisten Perekonomian & Pembangunan Sekda DIY.

"Tujuannya dihelatnya event karate GKR Hemas Cup ini, untuk membina dan memotivasi karateka di DIY khususnya karateka wanita agar nantinya bisa berprestasi di tingkat nasional maupun internasiona," sambung Budi Wibowo, yang didampingi wakil Ketua I Inkai DIY Dr Widarto, Ahsanul Fuadi MPd (Sekum Inkai DIY) dan Ketua panitia Anisa Khairina.

Ditambahkan Anisa, kejurnas karate ini mempertandingkan sebanyak 40 kelas dari 35 tim (dojo) se Indonesia."Dari 440 karateka yang ikut tersebut terbanyak dari Klaten yaitu sebanyak 60 atlet.Sedangkan dari luar Jawa yang tampil antara lain, Makassar, Palembang dan sebagainya," terang Anisa.

Menurut Anisa dari berbagai kelas yang dipertandingkan di antaranya kata perorangan, kumite beregu dan masih banyak lagi yang lainnya.(Rar)

BERITA REKOMENDASI