Popda SMS, Karanganyar Raih Runner Up

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Kontingen asal Kabupaten Karanganyar meraih peringkat kedua terbaik se-Jawa Tengah di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tahun 2016 tingkat SMA di Kota Semarang, Senin-Kamis (01-04/08/2016).

Para atlet unggulan menyumbang 15 emas di senam artistik, panahan dan atletik. Prestasi ini lebih baik ketimbang Popda 2015 yang harus puas bertengger di peringkat 10. Demikian dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karanganyar, Sularno.

Dia menjelaskan meski belum berhasil menaklukkan tuan rumah Kota Semarang dengan 22 emas, 12 perak, dan 11 perunggu, namun prestasi yang diraih atlet Karanganyar tergolong luar biasa. Kontingen dari kota/kabupaten andalan Popda Jawa Tengah berhasil disingkirkan seperti Kota Solo yang harus mengakui kekalahannya dengan perolehan 14 emas, 13 perak, dan 14 perunggu.

Sularno menyampaikan, para atlet di cabang olahraga andalan terbukti mendulang prestasi gemilang. Selain senam dan panahan, Karanganyar menyiapkan atlet terbaik di tim basket dan taekwondo. Namun prediksi itu meleset karena lawan tanding dua tim tersebut berhasil mengantisipasi kekalahan.

“Hanya senam dan panahan yang mendapatkan emas. Dua cabang olahraga itu langganan. Basket dan taekwondo seharusnya dapat, tetapi kali ini gagal. Faktor kelelahan dan lawan tidak sebanding,” kata Sularno.

Adapun hadiah bagi atlet berprestasi Popda berupa Rp 1 juta untuk peraih medali emas, Rp 750.000 untuk perak, dan Rp 500.000 peraih perunggu. Selain hadiah uang pembinaan dari Pemprov Jawa Tengah, peraih prestasi juga berhak mendapat reward dari Pemkab Karanganyar berupa uang pembinaan pemegang medali emas Rp 300.000, perak Rp 250.000, dan perunggu Rp 200.000. (M-8)

BERITA REKOMENDASI