Presiden Restui Aceh dan Sumut Tuan Rumah PON 2024

JAKARTA, KRJOGJ.com – Dua calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional(PON) 2024, Aceh dan Sumatera Utara optimistis terpilih dalam bidding tuan rumah yang digelar berbarengan dengan Munaslub KONI Pusat,24-25 April di Bidakara, Jakarta.

Optimisme itu mencuat, karena hampir seluruh provinsi di tanah-air mendukung Aceh-Sumut menjadi tuan rumah bersama.Terbukti, sebanyak 31 provinsi ikut menandatangani deklarasi dukungan di titik nol kilometer Indonesia di Pulau Sabang, Aceh beberapa waktu lalu.

"Kami sudah siap untuk menggelar PON prestasi di Aceh dan Sumut. Bahkan, kami sudah sepakat untuk membagi sama jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yakni 28 cabang di Aceh dan 28 cabang di Sumut," kata Ketua KONI Aceh, Muzakir Manaf kepada wartawan di Jakarta, Minggu (22/4/2018) malam.

Ia juga mengatakan, alasan Aceh bergandeng tangan dengan Sumut menjadi tuan rumah karena dilandasi semangat kesatuan dan persatuan. 

"Semua persyaratan yang ditentukan siap kami penuhi. Bahkan, tim dari KONI Pusat telah melakukan verifikasi ke Aceh dan Sumut. Target kami semua cabang olahraga yang dipertandibkan maupun yang dieksebisikan di PON Jabar 2016 lalu, kami akan pertandingkan," ujarnya lagi..

Untuk memuluskan langkah kedua provinsi itu menjadi tuan rumah. Baik KONI Aceh maupun Sumut telah berkeliling hingga ke Papua untuk memaparkan persiapan mereka. "Selain kami berkunjung ke Konida seluruh Indonesia kami juga mengundang mereka ke Sabang. Tak lupa, kami pun telah meminta restu kepada Bapak Presiden, Wapres, serta Menpora untuk pencalonan tuan rumah ini," ungkapnya lagi.

Terpisah, Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis mengatakan, bahwa PON 2024 diharapkan menjadi tonggak sejarah lahirnya atlet-atlet berprestasi. 

"Sebagai tuan rumah kami tidak berambisi untuk menjadi juara umum. Bagi kami yang lebih penting adalah lahirnya atlet-atlet berprestasi melalui ajang ini di daerah kami serta membangkitkan kembali kejayaan atlet-atlet asal Sumut yang dulunya terkenal dengan gudangnya atlet nasional," paparnya. (Fon)

BERITA REKOMENDASI