Putuskan Pensiun, Khabib Sebut Misi di UFC Sudah Tercapai

DAGESTAN, KRJOGJA.com – Khabib Nurmagomedov membeberkan alasannya pensiun dari pentas UFC. Ia mengaku berani memutuskan langkah untuk pensiun karena misinya sebagai seorang petarung sudah tercapai.

Khabib resmi mengumumkan gantung sarung tangan usai memenangkan duel di UFC 254. Duel yang mempertemukannya dengan Justin Gaethje di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minnggu 25 Oktober 2020 dini hari WIB itu pun jadi pertarungan terakhir yang dijalani di UFC.
Kemenangan atas Gaethje pun turut membuat petarung asal Rusia itu mengukir rekor tak terkalahkan di UFC. Dari total 29 pertarungan yang dijalani selama kariernya, Khabib memang belum pernah menelan satu pun kekalahan.

Khabib pun menyatakan bahwa langkah ini diambil karena dirinya sudah mencapai misi di UFC. Misi tersebut adalah mencatatkan kemenangan beruntun dalam waktu yang sangat panjang. Ia kini menempati urutan pertama daftar pertarung yang meraih pound-for-pound.

Soal uang, Khabib sendiri menegaskan bahwa dirinya tak terlalu memikirkan hal tersebut. Sebab, The Eagle -julukan Khabib- yakin masih bisa mengantongi pendapatan, meski sudah tak lagi bertarung di UFC.

“Saya melakukan cukup banyak pertarungan untuk dianggap yang terbaik. Hari ini, saya digolongkan sebagai berada di peringkat pertama pound for pound, jadi misinya tercapai,” ujar Khabib, sebagaimana dikutip dari Essentially Sports, Rabu (28/10/2020).

“Apa lagi yang harus dilakukan? Menghasilkan uang? Saya akan selalu bisa melakukan itu,” lanjutnya.

Sejatinya, ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, punya harapan untuk melihat anaknya merebut kemenangan 30 kali di UFC baru akhirnya pensiun. Tetapi, Khabib gagal memenuhi permintaan ayahnya yang sangat berjasa dalam kariernya itu.

Khabib sendiri mengaku tak lagi bisa bertarung di UFC karena tidak didampingi sang ayah. Abdulmanap diketahui meninggal dunia pada 3 Juli 2020 karena sakit jantung dan juga terpapar Covid-19.

BERITA REKOMENDASI