Rebutkan Piala Sultan, Kejurnas Silat Perisai Diri Digelar di Solo

SOLO, KRJOGJA.com – Sekitar 1361 peserta siap mengikuti Kejuaraan Nasional Silat Perisai Diri antar pelajar se Indonesia ke V 2019 di GOR Sritex Arena Solo, 18-22 Desember 2019. Kejurnas yang diikuti siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk memperebutkan piala bergilir Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Ketua panitia kejurnas Heru Tetuko menjelaskan banyak nomor yang dipertandingkan meliputi versi IPSI dan Perisai Diri. "Kejurnas digelar bersamaan dengan selesainya ujian sekolah. Jadi para pelajar punya keleluasaan untuk berkompetisi," katanya kepada wartawan, Jumat (13/12/2019).

Seluruh provinsi mengirimkan wakil dalam kejurnas yang terdiri beberapa kontingen. Karena setiap sekolah berdiri sebagai kontingen Untuk SD tercatat 117 sekolah dengan 302, SMP 137 sekolah dengan 461 dan SMA136 sekolah terdiri  608 peserta.

Peta kekuatan pesilat yang akan bertanding DIY termasuk yang diunggulkan disamping Bali, Jakarta, Bandung dan Surabaya. "Kalau melihat kekuatan itu rasanya Surakarta berat untuk merebut gelar juara umum. Karena daerah-daerah itu memiliki pesilat handal."

Nomor pertandingan versi IPSI  dari kelas tanding, tungga baku, beregu sedang versi Perisai Diri diantaranya serang hindar,  teknik berpasangan tangan dan senjata. Menurut rencana Kejurnas dihadiri Ketua IPSI Prabowo Subianto, Sri Sultan HB X dan Paku Alam, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.(Qom)

BERITA REKOMENDASI