Sabet 17 Medali, Bantul Juara Umum

YOGYA, KRJOGJA.com – Dengan perolehan 17 medali, 7 emas, 4 perak dan 6 perunggu, mengantarkan tim panahan Kabupaten Bantul tampil sebagai juara umum cabor panahan dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda ) DIY XV-2019. Gelar juara umum bagi Bantul pada cabor panahan ini ditentukan pada hari terakhir di lapangan Kopertis  Wilayah V Yogya, Jumat (13/9/2019). 

Pada hari terakhir  kemarin,  Bantul dari cabor panahan ini menambah pundi-pundi medali yaitu 1 emas dari nomor perorangan ronde tradisional putri yang direbut pemanah Heni Widyastuti. Sedangkan 2  medali perunggu Bantul direbut dari nomor beregu beregu putra (Sumarno, Parjiman dan Sugihartono). Satu perunggu Bantul lainnya diraih nomor beregu putri ronde tradisional atas nama Heni Widyastuti, Supadmi  dan Endang Suminarti.

Selain  Bantul yang merebut medali emas pada hari kelima (terakhir) kemarin, tim panahan tuan rumah Kota Yogya, Sleman dan Kulonprogo juga menambah medali emas masing-masing 1 keping. 

Medali emas Kota Yogya disumbangkan pemanah Nedi Parmanto dari nomor perorangan tradisional putra. Sedangkan medali emas Sleman direbut  nomor beregu  tradisional  putra  yang menurunkan trio pemanahnya Margono, Fridai Helmy Widiyanto dan Banu Fatakhun. Selanjutnya, 1 medali emas tambahan Kulonprogo direbut  tiga pemanah putrinya ( Sukarsih, Aning Widayanti dan Raden Rara Istiqomah  Aguswati) yang tampil di nomor beregu tradisional putri.

"Tim panahan Bantul bisa juara umum pada Porda XV tahun 2019 ini, tidak terlepas dukungan dari semua pihak, baik Pemkab Bantul, KONI Bantul Pengurus Perpani Bantul, ofisial, pelatih dan semangat para pemanah yang begitu tinggi untuk menjadi juara umum," ujar Dalijo, Ketua Pengkab Perpani Bantul, usai pertandingan dan penyerahan medali kepada para juara ronde tradisional putri.

Dijelaskan, sebelum tampil di Porda  XV, tim panahan Bantul telah melakukan kegiatan latihan tiada hari tiada henti di lapangan panahan Komplek Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul. "Target kita sebenarnya 6 medali emas, tapi bisa lebih menjadi 7 medali emas. Dengan begitu, tim panahan Bantul dalam Porda DIY kali ini  mampu melebihi target," ungkap Dalijo.

Sementara itu untuk hasil cabor lainnya, untuk bolavoli indoor yang berlangsung di Sport Hall Kridosono, dua tim putri unggulan, Kota Yogya dan Sleman sama-sama mencatatkan kemenangan telak 3-0. Di laga kemarin Kota Yogya menang 3-0 (25-15, 25-12, 27-25) atas Gunungkidul, sedangkan Sleman menang 3-0 (25-14, 25-9, 25-17 atas Kulonprogo. Sedangkan di kelompok putra, tim Bantul juga meraih kemenangan menang telak 3-0 (25-21, 25-19, 25-20) atas Kulonprogo.

Untuk cabor voli pasir yang dilangsungkan di GOR Voli Pasir Mandala Krida, seluruh tim baik putra dan putri telah menyelesaikan babak penyisihan pool. Dari hasil tersebut, 8 tim putra dan 8 tim putri lolos ke babak perempatfinal. Untuk putra, di babak 8 besar yang dimulai hari ini akan mempertemukan, Bantul 1 vs Yogya 1, Gunungkidul 1 vs Sleman 1, Gunungkidul 2 vs Yogya 2 dan Sleman 2 mendapat bye.

Pada kemlompok putri, babak 8 besar akan mempertemukan Yogya 1 bertemu tim Sleman 2, Yogya 2 akan bertemu Bantul 2, Gunungkidul 1 bakal menghadapi Sleman 1 dan Gunungkidul 2 akan bertemu Bantul 1. “Untuk voli pasir, semua babak penyisihan sudah selesai dan mulai besok (hari ini) akan masuk ke babak 8 besar baik putra dan putri,” ujar Panitia Pertandingan, Djoko Sutrisno di usai laga.(Rar)

BERITA REKOMENDASI