Solo Tuan Rumah JAPFA GM & WGM Chess Tournament 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com – Setelah hampir 36 tahun tak pernah mendapat kesempatan menggelar turnamen catur internasional, kota Solo akhirnya dipilih oleh PB Percasi menjadi tuan rumah JAPFA  GM&WGM Chess Tournament 2018 pada 25 April hingga 1 Mei 2018. 

Turmanen bertaraf internasional ini selain menampilkan pecatur tuan rumah, juga diikuti oleh pecatur dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Serbia, Montenegro, Georgia, Prancis, Pilipina, Vietnam, dan Rumania, dan  RR China.

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto kepada media di Jakarta, Senin (23/4/2018) mengatakan, dipilihnya kota Solo sebagai tuan rumah karena sejak tahun 1982, kota ini belum pernah lagi ditunjuk sebagai penyelanggara sebuah turnamen internasional. 

Selebihnya, kata Utut PB Percasi melihat propinsi Jawa Tengah merupakan sentra bibit-bibit pecatur di Tanah Air di luar Sumut, Jabar, Jatim, Sulut dan Kalsel."Ke depan sudah tentu kejuaraan semacam ini akan digelar di propinsi lain yang kita lihat sebagai sentra pecatur Indonesia," ujar Utut.

Direktur Corporate Affairs PT Japfa Comfeed Indonesia tbk (JAPFA) selaku sponsor turnamen, Rachmat Indrajaya mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen untuk mendukung olah raga catur di Indonesia dengan tujuan agar para pecatur nasional mampu merebut prestasi tertinggi yaitu meraih Grand Master (GM). 

"Banyaknya peserta dari luar negeri membuat  kita dengan bangga mempromosikan Indonesia dengan awalan prestasi pecatur kita menghadapi pecatur internasional dari negara lain," ujar Rachmat.

Bagi para pecatur Indonesia yang ikut dalam turnamen ini merupakan kesempatan bagus untuk meraih Norma  GM dan dan Norma WGM. Sementara bagi GM Susanto Mergaranto merupakan tempat pemanasan menuju kondisi puncak jelang terjun di 0limpiade Catur ke-43 yang akan berlangsung di Butumi, Georgia, pada September 2018. (Fon)

BERITA REKOMENDASI