Tiga Kontingen Bersaing Ketat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Persaingan memperebutkan gelar juara umum ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY XV-2019 semakin ketat. Perolehan medali, khsususnya untuk medali emas tiga kontingen teratas klasemen sementara, Kota Yogyakarta, Bantul serta Sleman, hanya berselisih tipis dan masih sangat mungkin saling susul.

Sehari selepas resmi dibuka, hingga Jumat (11/10/2019) malam, untuk sementara tuan rumah Kota Yogya masih memimpin klasemen medali dengan raihan 84 emas, 84 perak dan 91 perunggu. Jumlah tersebut hanya terpaut 2 medali emas dari pesaing utama mereka, kontingen Bantul yang mengemas 82 emas, 83 perak dan 108 perunggu.

Tak ingin melepaskan peluangnya untuk mempertahankan gelar juara umum, kontingen Sleman yang berada di posisi ketiga mulai mengejar. Sempat tertinggal 13 medali emas dari Kota Yogya dan 10 emas dari Bantul saat upacara pembukaan, saat ini Kontingen Sleman hanya tinggal 5 emas dari Bantul dan 7 medali emas dari pemimpin klasemen, Kota Yogya.

Sleman pada Jumat malam sukses menambah 1 medali emas dan 1 medali perak lewat cabor biliar, sehingga untuk sementara meraih 77 medali emas, 82 perak dan 98 perunggu. Emas Sleman dari cabor biliar dipersembahkan Arief Fauzan usai memenangi partai final kontra pebiliar lain, Benedictus Heru dengan skor 8-2 di nomor 10 ball. Untuk medali perunggu di raih dua atlet Kulonprogo, Rinto dan Antonius Dian Bayu yang harus takluk di babak semifinal.

Di babak empat besar itu, Rinto mengakui ketangguhan Benedictus dengan skor 5-7, sedangkan Antonius kalah dari Arief dengan skor 3-7. Selain sukses menambah 1 emas dari biliar, Sleman juga berhasil menambah 1 emas dari cabor menembak nomor air rifle match perorangan putra.

Atlet andalan Sleman, Ries Arfianto berhasil meraih poin tertinggi dari 6 seri tembakan dengan total nilai 584. Perak di nomor ini direbut atlet Yogya, Dian Eko (581 poin) dan perunggu direbut petembak Bantul, Fajar Oktama (563 poin). Dari cabor menembak, Bantul juga sukses meraih medali emas dari nomor air rifle match beregu putra, sedangkan perak direbut Sleman dan perunggu diraih Gunungkidul.

Perebutan gelar juara umum masih sangat terbuka bagi tiga Yogya, Bantul dan Sleman karena saat ini dari total 455 nomor yang dipertandingan, baru 218 nomor yang telah selesai digelar. Dari jumlah tersebut, maka masih ada 237 nomor yang belum ditandingkan atau 237 medali emas yang masih akan diperebutkan. (Hit)

BERITA REKOMENDASI