Tim Bolavoli Yogyakarta Ambil Bagian Pra PON XX

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak 12 tim bola voli putra dan enam putri dari berbagai provinsi di Tanah Air akan mengikuti Pra Kualifikasi PON XX/2020 Papua, yang berlangsung 3-10 Agustus  mendatang,  di GOR Bulungan, Jakarta. 

Wakil ketua Bidang Pertandingan PP. PBVSI, Reginald Nelwan,menjelaskan 12 tim putra yang akan meramaikan event ini antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan tuan rumah DKI Jakarta. Sedangkan keenam peserta putri terdiri dari Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Papua Barat, dan tuan rumah DKI Jakarta.

Pada pelaksanaan Pra Kualifikasi PON XX/2020 Papua ini akan memperebutkan empat tempat di bagian putra dan empat putri pada posisi empat peringkat teratas. Juara pada PON XIX/2016 Jawa Barat dan tuan rumah Papua lolos tanpa mengikuti babak kualifikasi. Tim putra Jawa Timur dan putri Jawa Barat sebagai peraih medali emas dipastikan lolos. Demikian pula dengan tim putra dan putri Papua juga lolos.

Selain empat tim yang masing-masing diperebutkan di Jakarta, satu tim putra dan satu putri masing-masing akan diperebutkan di wilayah Sumatra dan Sulawesi. "Sehingga secara keseluruhan cabang bola voli mendapatkan kuota delapan tim putra dan delapan putri," kata wakil ketua Bidang Pertandingan PP. PBVSI, Reginald Nelwan kepada wartawan di Jakarta.  Kamis (1/8).

Sedangkan Ketua panitia pelaksana Zulfarshah, mengatakan seluruh tim yang sudah menyatakan ikut serta pada kegiatan di Jakarta sudah memberikan konfirmasi untuk ikut. "Semua sudah siap untuk pelaksanaan ini," tandas mantan pemain nasional era 1980-90an ini di Jakarta.

Menurutnya, dalam pelaksanaan ini tuan rumah Pengprov PBVSI DKI Jakarta, tidak hanya sukses penyelenggaraan, melainkan juga meloloskan tim putra dan putri. "Kita targetkan kedua tim, putra dan putri DKI Jakarta yang kita siapkan lolos ke Papua tahun depan," ujar Zulfarshah yang juga Wakil Ketua Pengprov PBVSI  DKI Jakarta. (Sim)

BERITA REKOMENDASI