Triadi Fauzi, Peraih Delapan Medali Emas PON XIX, Siapa Dia?

Editor: KRjogja/Gus

MICHAEL Phelps menjadi ikon olahraga renang karena prestasi dan dominasinya. Bahkan, perenang berkebangsaan Amerika Serikat itu adalah atlet dengan koleksi medali emas terbanyak Olimpiade dengan 23 buah.

Akan tetapi, karena usia sehingga masa keemasannya diklaim sudah lewat, tidak bisa dibantah penampilan Phelps tak seganas dulu lagi. Dalam Olimpiade Rio 2016, dia bahkan dikalahkan Joseph Schooling dalam nomor gaya kupu-kupu 100 meter. Di masa mendatang, rival Phelps akan bertambah dan salah satunya bisa saja datang dari Indonesia. Ya, kini Merah Putih memiliki bakat cerah di olahraga renang yakni Triadi Fauzi. Dia bersinar dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat bersama kontingen tuan rumah.

Triadi lahir di Cimahi, Jawa Barat, pada 29 September 1990. Sejak kecil, dia sudah dilatih oleh ayahnya berenang di kolam samping rumahnya.

Nama Triadi mulai diperhitungkan ketika meraih dua medali perunggu dalam PON Kalimantan Timur 2008. Prestasinya melonjak dengan tujuh medali emas dan satu medali perak dalam PON Riau 2012, bahkan dia berhasil memecahkan rekor gaya bebas di nomor estafet yang sebelumnya dipegang oleh Richard Sambera. Rekor tersebut telah bertahan selama 20 tahun!

Triadi juga mendapat emas di SEA Games Myanmar 2013 dengan memecahkan rekor Asia Tenggara di nomor 100 meter gaya bebas. Catatan waktu dia adalah 49,99 detik, sementara rekor sebelumnya dipegang oleh perenang Malaysia, Daniel William, dengan 50,16 detik. Dari catatan tersebut, dia mendapatkan penghargaan atlet terbaik dari Anugerah Olahraga Indonesia (AORI), sekaligus mendapat julukan perenang tercepat se-Asia Tenggara.

Pada PON yang digelar di tanah kelahiran sendiri, Jawa Barat, penampilan Triadi tambah impresif dan matang. Tadinya dia hanya membidik tujuh medali emas, tapi sejauh ini melebihi ekspektasi dengan meraih delapan medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu.

Meski sudah mengoleksi delapan medali emas, pria 25 tahun itu belum puas. Ia masih berhasrat menambah pundi-pundi medali emasnya. Hal itu demi membantu Jabar meraih titel juara umum dalam PON kali ini.

"Insya Allah (total mengumpulkan) sembilan medali emas," ungkap Triadi. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI